Wedang Jahe Usai Shalat di Masjid Raya At-Taqwa Cirebon

Masjid Raya Cirebon CAM00149 CAM00161

CIREBON-SM. Empat menara kecil mengapit kubah berbentuk pyramid menjadikan Masjid Raya At-Taqwa Cirebon ini nampak gagah. Satu menara setinggi 65 meter semakin mengokohkan keberadaan masjid yang berada tepat di samping alun-alun Kejaksan Kota Cirebon ini.

Menjelang Maghrib, semburat sinar matahari di sore hari nampak menerangi lima menara dan kubah yang ada di atas masjid. Lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an terdengar merdu dari pengeras suara yang ada di masjid ini.

Para jamaah berdatangan, sebagian ada yang santai menikmati suasana sore di depan masjid, ada yang duduk-duduk di sekitar air mancur yang ada di dekat gerbang masjid. Tatanan tanaman hias berpadu dengan tiang-tiang pagar seakan mengisyaratkan keramahan masjid ini untuk jamaahnya.

Sore itu, Sabtu (19/12) suasana masjid nampak padat. Suasana shalat berjamaah seperti shalat Jum’at. Parkiran di depan masjid penuh, alun-alun yang ada di depan masjid pun juga nampak ramai oleh kendaraan jamaah.

Masjid At-Taqwa menjadi ikon Kota Cirebon, banyak pengunjung yang singgah di masjid yang berada di tengah-tengah Kota Cirebon ini. Tak heran jika barisan shaf shalat Maghrib hingga batas belakang jamaah laki-laki.

Pengurus masjid juga memberikan pelayanan yang baik, berbagai fasilitas di masjid ini cukup membuat jamaah betah. Mulai dari air mineral gratis, wedang jahe hangat usai shalat berjamaah, televisi yang menayangkan live suasana di Makkah hingga area hotspot Wifi. Masjid ini juga memiliki perpustakaan.

Masjid At-Taqwa yang juga menjadi Islamic Center Cirebon ini berdiri di atas luas tanah sekitar 2.600 meter persegi. Ada dua bangunan besar di lokasi ini, selain masjid ada juga Islamic Center Cirebon. Dua organisasi yang semula berdiri masing-masing, sekarang menjadi satu.

Kedua lembaga ini menjadi satu dan melaksanakan program kegiatan secara bersama-sama. Kegiatan yang dilaksanakan At-Taqwa Center pun merupakan kolaborasi antara konsep kegiatan kemasjidan dan Islamic Center yang moderen. Tujuan untuk menyelenggarakan pusat pelayanan ibadah, dakwah, dan pembinaan masyarakat Muslim Kota Cirebon.

Setelah menjalankan ibadah shalat berjamaah, wisatawan juga bisa menikmati kuliner ringan yang ada di sekitar alun-alun Kota Cirebon. Di alun-alun ini juga terdapat beberapa permainan untuk anak-anak, sehingga orangtua dan anak bisa rileks bersama.

Nasi Jamblang dan Empal Gentong

Perjalanan ke Kota Cirebon tak lengkap jika tidak menikmati kuliner khas Cirebon, setelah menikmati keindahan Masjid Raya At-Taqwa, wisatawan Muslim bisa menikmati sajian khas Kota Udang ini, Nasi Jamblang dan Empol Gentong. Di sepanjang jalanan di Kota Cirebon banyak yang menjajakan masakan khas Cirebon ini.

Saat menyusuri jalanan di Kota Cirebon, jangan heran jika jalanan sedikit tersendat karena banyaknya mobil parkir di depan warung-warung khas Cirebon, mulai dari warung Empal Gentong hingga warung Nasi Jamblang.

Nasi Jamblang, nasi yang dibungkus daun jati menjadi ciri khasnya. Di antara warung Nasi Jamblang yang cukup favorit di Kota Udang ini adalah warung Nasi Jamblang Mang Dul. Tampaknya, Mang Dul sudah melegenda dan menjadi icon nasi Jamblang di Kota Cirebon.

Konon, Mang Dul sudah memulai usahanya ini sejak 1970an dan sekarang sudah diteruskan oleh generasi kedua Mang Dul. Nasi Jamblang Mang Dul terletak di Jalan DR Cipto, tepatnya di dekat lampu merah Gunung Sari.

Begitu juga dengan kuliner Empal Gentong yang disajikan dengan nasi atau dapat juga dengan lontong. Pedagang empal gentong yang ngetop di Cirebon adalah Mang Darma yang mangkal di Jl. Slamet Riyadi, empal gentong Mang Darma juga bisa di temukan di beberapa tempat di Cirebon seperti di Pujagalana, Stasiun Kereta Cirebon atau di Grage Mal yang semuanya dikelola anak-anaknya. [fathur]

 

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Masjid Raya Tebing Tinggi, Peninggalan Kerajaan Negeri Padang

SM| Tebingg Tinggi–Sumatera Utara memiliki banyak objek wisata religi dengan sejarahnya. Satu di antaranya objek …

Pemerintah akan Merenovasi Masjid Istiqlal

SM| Jakarta–Setelah puluhan tahun berdiri, sebentar lagi Masjid Istiqlal akan memiliki wajah yang makin cantik. Pemerintah berencana merenovasi …

Translate »