Foto metrotv

Wapres Kalla Puji Gontor Lahirkan Banyak Pemimpin

JAKARTA (SM) – Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla mengatakan, pondok pesantren memiliki peranan penting dalam pengembangan pendidikan di Indonesia. Terutama dalam hal modernisasi sistem pendidikan yang ada.

Hal itu disampaikan Jusuf Kalla saat menyampaikan sambutan rangkaian kegiatan Milad ke-90 Pondok Pesantren Modern Gontor di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu, 28 Mei 2016.

Kalla menegaskan, modernisasi yang ia maksud bukanlah sebatas pada tampilan, melainkan pola pikir santri yang menempuh pendidikan di sana.

“Bukan modern pakai jas, tapi cara berpikir dan berbuat. Bagaimana cara bertindak. Dengan modal pengetahuan kita bisa mengubah bangsa,” kata Kalla.

Ia mengatakan, sejak awal didirikan, Gontor telah mengembangkan sistem pesantren modern. Namun, definisi modern pada saat Gontor didirikan, tentu berbeda dengan konsep modern di masa kini. “Dan, Gontor tentu mengikuti dinamika yang ada,” kata dia.

Dalam kesempatan itu, Kalla juga memuji Gontor yang banyak melahirkan sosok pemimpin. Tak hanya di level daerah, sejumlah pimpinan lembaga negara di kancah nasional juga banyak diduduki alumnus Gontor.

“Kita tahu alumni Gontor penuhi banyak ruang dan fungsi negeri ini. Ada Pak Hidayat, ada Pak Fachir (Wakil Menteri Luar Negeri). Itu yang di pusat,” kata dia. [FR]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Khutbah Hari Arafah akan Disiarkan dalam Lima Bahasa

SM | Makkah– Khutbah Hari Arafah akan disiarkan dalam lima bahasa, Inggris, Perancis, Indonesia, Urdu, …

Program Masjid Tangguh Semeru Resmi Dilaunching

SM | Surabaya- Program masjid tangguh semeru akan dilaunching hari Jumat (10/02/2020) . Program ini merupakan …

Translate »