Walikota Medan Resmikan Masjid Nurul Ikhwan

MEDAN, SM–Masjid adalah tempat ibadah kaum muslim yang memiliki peran strategis dalam pertumbuhan peradaban umat Islam. Masjid bukan hanya sebagai tempat menunaikan ibadah sholat, tetapi juga berperan sebagai pusat pendidikan dan penyebaran syiar Islam.

Demikian disampaikan Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, M.Si saat melaksanakan safari Jumat sekaligus meresmikan Masjid Nurul Ikhwan yang terletak di Jalan Paluh Nibung Kelurahan Paya Pasir Medan Marelan, seperti dirili pemkomedan.go.id Jumat (11/3).

Eldin mengatakan, fungsi utama masjid sebagai tempat ibadah harus diisi dengan berbagai kegiatan yang bernuansa keagamaan seperti sholat, dzikir, pengajian dan kegiatan membaca Al Qur’an yang merupakan bagian dari upaya memakmurkan masjid, namun masjid sebagai pusat peradaban umat harus lebih diberdayakan melalui berbagai kegiatan keumatan yang dapat menciptakan dan membawa kemaslahatan umat dan memancarkan Islam sebagai rahmat bagi semesta alam.

“Kita harap dengan diresmikannya masjid ini, seluruh aktifitas keagamaan masyarakat di wilayah Medan Marelan ini bertambah keikhlasannya dan ketulusannya, serta bisa mengoptimalkan sarana dan prasarana masjid untuk kemaslahatan umat  Islam,” harap Eldin.

Disamping itu, Eldin menjelaskan Pemerintah Kota Medan dalam membangun suasana religius di Kota ini, mengusung tiga program utama antara lain menggalakkan gerakan sholat Subuh berjamaah, Magrib mengaji dan pembangunan Islamic Center. Tentunya program ini harus mendapat dukungan dari masyarakat sehingga dapat menciptakan Medan yang religius.

“Program pemerintah tersebut harus terus bisa kita tingkatkan sehingga masyarakat kita tercegah dari kenakalan remaja dan penggunaan narkoba,” kata Eldi.

Sementara itu Ketua BKM Masjid Nurul Ikhwan Bambang Sugianto S.Ag mengatakan, awalnya masjid ini merupakan sebuah mushola, seiring perkembangan penduduk tidak dapat menampung jamaah, dan atas kesepakatan jamaah  membangun sebuah masjid dua tingkat.

“Dengan jumlah umat Islam yang begitu banyak di wilayah ini diharapkan masjid ini dapat menampungnya, selain sebagai tempat ibadah juga masjid ini nantinya kami fungsikan untuk pembinaan khususnya generasi muda agar terhindar dari bahaya narkoba,” ujar Sugianto. [FR]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Wali Kota Bogor Tinjau Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor

SUARA MASJID | Bogor–Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau kemajuan pembangunan Masjid Agung dan …

Suling

Pangdam Jaya Apresiasi Program Subuh Keliling PMJ di Masjid Cut Meutia

SM | Jakarta—Ada yang spesial di acara Subuh Keliling (Suling) Polda Metro Jaya yang dilaksanakan …

Translate »