UNAND Siap Terima Mahasiswa Hafidz Al Quran

PADANG, SM–Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) kembali mengeluarkan kebijakan untuk menerima penghafal Al Quran atau hafiz  sebagai mahasiswa baru pada tahun ini.

“Kami menerima 19 orang hafiz Quran untuk menjadi mahasiswa baru lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun ini,” kata Rektor Unand Prof Tafdil Husni, di Padang, seperti dilansir antaranews.com (1/4).

Dia menyebutkan indikator penghafal Al Quran ini bagian dari seleksi khusus yang ditetapkan Unand untuk mahasiswa baru. Dalam proses seleksinya tetap sama seperti calon mahasiswa lainnya, akan tetapi kuota sebanyak 19 orang dikhususkan untuk hafizh tersebut.

Dari kuota 19 orang hafizh tersebut hanya 12 prodi yang mengajukan. Artinya peluang penerimaan mahasiswa hafizh tersebut berdasarkan permintaan program studi (prodi).

“Tidak semua hafizh bisa masuk Unand, ada kategori tertentu untuk masuk,” katanya.

Pertama sebut dia, harus hafal Al Quran minimal 5 Juz dan memiliki berbagai prestasi sebagai hafiz. Kedua, memiliki prestasi yang meningkat dalam hal rapor serta berperilaku baik. Ketiga, harus lulusan SMA/SMK baru atau fresh graduate.

Proses seleksi tersebut kata dia merupakan otoritas kampus termasuk indikator pembanding dalam proses memasukkan.  Meskipun demikian dia memastikan proses seleksi akan berjalan sesuai prosedur dan ketentuan SNMPTN. [FR]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Forjim Belajar Menilisik Berita Sensitif Kasus Reynhard dari Wartawan BBC Indonesia

SM| Jakarta–Senin 6 Januari 2020 lalu, BBC News Indonesia menggemparkan jagat pemberitaan. Hari itu, situs …

Masjid Sebagai Pusat Pengasuhan Pembangunan Karakter Anak

SM| Bontang–Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni, melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) menggelar …

Translate »