Total Jamaah Haji 221 Ribu, Indonesia Pemecah Rekor

SUARAMASJID.com| Jakarta–Tahun ini Indonesia mencatatkan rekor paling banyak jamaah haji dibanding negara-negara lain. Total jamaah mencapai 221.000 orang yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci.

“Ini adalah total terbanyak dalam sepanjang sejarah Indonesia di seluruh muka bumi,” ujar Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Ahda Barori dalam pembekalan petugas haji Arab Saudi, di Asrama Haji Jakarta, Rabu (14/6).

Ahda menerangkan, Indonesia mendapat tambahan bonus 10.000 orang dari Pemerintah Arab Saudi. “Kita menyikapi semakin banyak kuota semakin membahagiakan. Artinya, bisa mengurangi daftar tunggu keberangkatan haji,” ujarnya.

Adapun rincian kuota haji asal Indonesia sebanyak 221.000 orang tersebut adalah 204.000 jamaah untuk haji reguler dan 17.000 jamaah untuk haji khusus. Sebetulnya, lanjut Ahda, jumlah kuota tahun ini sama seperti 2012. Pasalnya, kuota haji Indonesia pada 2013 mengalami pemangkasan sebanyak 20% dan hanya menjadi 168.000 orang. Pemangkasan dilakukan karena adanya perluasan Masjidil Haram.

Kendati bertambah, penambahan kuota jamaah akan menimbulkan masalah baru di lapangan bagi petugas haji. Sehingga, para petugas diharapkan bisa menjalankan tugas secara maksimal.[FR]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

gus muhdhor ramaikan masjid

Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Imbau Umat Islam Ramaikan Masjid

SUARA MASJID | Sidoarjo–Warga Desa Medalem Kecamatan Tulangan RT 3 RW 2 benar-benar bersyukur dengan …

Wali Kota Bogor Tinjau Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor

SUARA MASJID | Bogor–Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau kemajuan pembangunan Masjid Agung dan …

Translate »