Tiga Kesepakatan Muslim Solo Pasca Subuh Berjamaah 1212

SUARAMASJID.com| Solo–Ribuan umat Islam di Solo sepakat untuk melakukan tiga aksi nyata pascagerakan subuh berjamaah 1212 yang berlangsung Senin (12/12) pagi. Tiga kesepakatan ini jika dilakukan umat Islam akan membuatnya tangguh, maju, dan mandiri.

Pertama, istiqomah untuk melakukan shalat subuh berjamaah di masjid. Melalui shalat berjamaah subuh di masjid diharapkan memberi dampak positif terhadap segala sendi kehidupan umat muslim.

“Saat sudah terjadi (Muslim shalat berjamaah di Masjid) akan punya pengaruh positif pada kehidupan dan lingkungan, kembali ke masjid, beriman, itu kunci kesuksesan semuanya,” tutur Ketua Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) Mu’inidinillah Basri usai mengisi kajian keislaman sebagai pembuka gerakan subuh berjamaah di Masjid Agung MUI Semanggi, Solo pada Ahad (11/12) malam.

Kedua, sepakat untuk memboikot sebuah stasiun televisi nasional dan media surat kabar nasional. Hal ini dilakukan karena dua media tersebut dinilai cenderung menyudutkan dan merugikan umat muslim dalam pemberitaannya.  “Media yang menyesatkan umat muslim, mereka eksis pun karena dukungan kita umat Muslim, ini telah menjadi gerakan nasional,” tuturnya.

Ketiga, berhenti berbelanja atau mengonsumsi barang belanjaan dari pasar moderen atau swalayan.  Hal ini dilakukan sekaligus untuk mendorong para pelaku usaha kecil terutama di pasar tradisional untuk bangkit.

“Kita selama ini kurang perhatian pada saudara kita, pelaku usaha ekonomi menengah ke bawah, mereka yang mati usahanya karena kita tinggalkan, sebaliknya kita menghidupkan toko modern yang ekonominya menjajah kita, mereka (pengusaha pasar modern) mempunyai jaringan, tidak mengenal batasan dan punya misi untuk menguasai Indonesia,” tambahnya.

Sementara itu, Gerakan Subuh berjamaah umat muslim Solo yang digelar oleh DSKS dan MUI Kota Solo dimulai dengan kajian keislaman, umat muslim juga melakukan iktiaf di Masjid MUI Semanggi. [FR]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Khutbah Hari Arafah akan Disiarkan dalam Lima Bahasa

SM | Makkah– Khutbah Hari Arafah akan disiarkan dalam lima bahasa, Inggris, Perancis, Indonesia, Urdu, …

Program Masjid Tangguh Semeru Resmi Dilaunching

SM | Surabaya- Program masjid tangguh semeru akan dilaunching hari Jumat (10/02/2020) . Program ini merupakan …

Translate »