nu.or.id

Takmir Masjid se-DIY Membahas Radikalisme

YOGYAKARTA-SM. Radikalisme menjadi fenomena global. Umat Islam menjadi kelompok yang dipecundangi karena sebagian pakar-pakar di dunia, mengatakan kalau Islam adalah biang radikalisme, padahal itu tidak benar.

Demikian diungkapkan oleh Direktur Laboratorium Agama Masjid UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Dr. Nurul Hak, M.Hum dalam Sarasehan Takmir Masjid se-DIY yang bertajuk Peran Masjid Menangkal Radikalisme, seperti dilansir nu.or.id. (31/1).

Nurul yang juga Dosen SKI Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga ini mengatakan bahwa fenomena radikalisme muncul akibat adanya sekelompok umat Islam yang memahami Al-Qur’an sebatas tekstualnya saja.

Acara yang bertempat di Basecamp Laboratorium Agama Masjid UIN Sunan Kalijaga tersebut, menghadirkan dua pembicara, pakar hukum dan politik UIN Sunan Kalijaga, Prof KH Yudian Wahyudi A. MA PhD dan Ketua Forum Komunikasi Penanggulangan Terorisme (FKPT) DIY, KH Abdul Muhaimin.

Kiai Muhaimin menyampaikan, fakta-fakta bahwa leluhur bangsa Indonesia telah akrab dengan toleransi, bukan sikap radikal. Oleh karena itu, lanjutnya, masjid masa depan harus mampu menyebarkan sikap toleransi tersebut.

“Proyeksi masjid masa depan adalah masjid yang ramah, yang santun dengan membangun harmoni sesama pemeluk agama,” ujarnya di hadapan puluhan takmir masjid.

Sementara itu, Prof Yudian menguraikan tentang Islam Nusantara yang ramah terhadap budaya lokal. “Para Wali Songo, dulu berdakwah itu tidak asal-asalan. Mereka tidak menggunakan pedang. Tapi menggunakan pendekatan kebudayaan,” urainya.

Oleh karena itu, lanjutnya, kita harus mempertahankan prestasi yang telah dicapai oleh para pendahulu kita. Jangan sampai, kita merusaknya dengan membiarkan gerakan-gerakan radikal semakin berkembang di negeri ini.

“Prestasi yang dicapai oleh Islam Nusantara hari ini adalah pencapaian besar dunia Islam saat ini. Jangan biarkan dirusak oleh orang-orang yang berpaham radikal, yang tidak paham hakikatnya, Islam di Nusantara ini,” tandasnya. [FR]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Wali Kota Bogor Tinjau Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor

SUARA MASJID | Bogor–Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau kemajuan pembangunan Masjid Agung dan …

Suling

Pangdam Jaya Apresiasi Program Subuh Keliling PMJ di Masjid Cut Meutia

SM | Jakarta—Ada yang spesial di acara Subuh Keliling (Suling) Polda Metro Jaya yang dilaksanakan …

Translate »