Solo akan Punya Masjid Agung Duplikat Grand Mosque Abu Dhabi

SM| Jakarta–Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) akan membangun Masjid Agung di Solo, Jawa Tengah.

Masjid ini adalah hibah dari pemerintah UEA karena kedekatan Presiden Joko Widodo dengan pemimpin UEA. Rencananya ada 2,9 hektar (ha) lahan untuk pembangunan Masjid Agung di Solo.

“Ini salah satu bukti kerja sama kita dengan UEA, di Masjid Agung Solo akan segera groundbreaking seluas 2,9 hektare tanahnya. Ini semacam hibah karena dekat dengan Presiden,” ujar Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, dikutip dari Detik.com, Selasa (7/1/2020).

Disebutkan menteri berusia 72 tahun itu, Masjid ini akan menjadi duplikat dari Grand Mosque Abu Dhabi. Luhut memperkirakan biaya pembangunan Masjid ini berkisar 40 juta dolar AS (Amerika Serikat) atau sekitar Rp5,6 triliun.

“Tidak tahu persis (biayanya) tapi itu duplikatnya Masjid Grand Mosque Abu Dhabi. di bangun di Solo hadiahnya putra mahkota Abu Dhabi. Tapi kalau dikira-kira ya sekitar US$40 juta,” ungkap ayah empat anak itu.

Sementara itu, terkait lahan yang digunakan untuk membangun Masjid ini, kata Luhut, akan menggunakan lahan bekas Pertamina. Lahan tersebut dihibahkan Pemerintah Daerah (Pemda) Solo untuk masyarakat.

“Ini tadinya lahan Pertamina, tapi dihibahkan ke masyarakat oleh Pemda Solo. Jadi sedang dibersihin sekarang,” tukas Luhut.[nk]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Kemenag: Penceramah Bersertifikat Tidak Wajib

SM| Jakarta–Kementerian Agama dalam waktu dekat akan menyelenggarakan program penceramah bersertifikat. Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin menegaskan, program …

Inilah Arahan Wapres kepada Menag Soal Dai Bersertifikat

SM | Jakarta–Staf Khusus Wakil Presiden Ma’ruf Amin Bidang Komunikasi dan Informasi, Masduki Baidlowi menjelaskan …

Translate »