Soal Pengelolaan Dana Haji Harus Transparan

SUARAMASJID.com| Jakarta–Pendayagunaan dana haji dengan ditempatkan di SBSN, SUN, dan deposito oleh Kementerian Agama masih jadi pro kontra. Kontroversi dana haji mengindikasikan ada yang harus dibenahi oleh Badan Pengelolaan Dana Haji (BPKH).

Salah satu calon Anggota Dewan Pengawas BPKH yang lulus seleksi administrasi, Dinno Indiano mengatakan, kontroversi merupakan indikasi masih ada yang harus diperbaiki. Dana haji adalah uang jamaah.

Kalau jamaah menitipkan dana, harapannya bisa dikelola dengan baik, aman, dan insya Allah meringankan biaya haji. ”Tanya ke umat, jawabannya akan kurang lebih sama. Apa sudah transparan? Kalau belum, Itu yang harus diperbaiki,” kata Dinno, Senin (30/1).

Soal mengapa tetap berminat mendaftar meski dana haji jadi kontroversi, Dinno menyatakan pertanyaan tentang dana haji akan terus ada. BPKH ada agar pertanyaan soal dana haji bisa dijawab.

Kontroversi tetap akan ada. Tabung Haji Malaysia yang sering dijadikan contoh sukses pengelolaan dana haji juga tanpa komplain. ”BPKH tidak bisa menyenangkan semua orang. Tapi kalau BPKH bisa lebih baik, tentu akan bagus,” kata mantan Direktur Utama BNI Syariah itu .

Tentang apa perlu akad berbeda untuk tiap jamaah yang menyetorkan dananya, ia pria kelahiran 19 Agustus 1960 itu mengatakan aturan tidak membedakan jamaah. BPKH ada agar dana haji ditangani transparan.

”Yang penting transparan ke tiap jamaah. Itu yang belum ada. Dana haji Rp 90 triliun, cuma itu yang kita tahu,” ungkap Dinno dilansir republika.co.id.

Di pendaftaran anggota BPKH, Dinno mendaftar untuk calon anggota Dewan Pengawas BPKH. Dinno melihat Dewan Pengawas dan Badan Pelaksana BPKH adalah satu kesatuan, organisasi yang satu. Organisasi akan bagus bila pelaksana dan pengawasnya sinergi. [FR]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Pembatalan Haji 2020, Dirjen: Saudi Belum Buka Akses Layanan

SM | Jakarta–Kementerian Agama memutuskan membatalkan keberangkatan jemaah haji 1441H/2020M. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah …

Efek Covid-19, Pemerintah Putuskan Haji 2020 Tidak Berangkat

SM | Jakarta–Calon jemaah haji tahun ini mesti bersabar. Rencana keberangkatan haji yang sudah di …

Translate »