Situs Masjid Asal Penampaan akan Diperluas

GAYO LUES, SM – Masjid Asal di Desa Penampaan, Blangkejeren, Gayo Lues merupakan masjid tertua di negeri seribu bukit tersebut. Untuk menjaga kelestariannya, pemerintah setempat berencana memperluas areal masjid tersebut.

Masjid yang memiliki nilai historis ini akan diperluas dengan cara merelokasi penduduk sekitar. “Kalau penduduk di seputaran masjid ini setuju, kami akan mencarikan tanah atau menganti rugi perumahanya, supaya tanah di sekeliling kompleks masjid lebih luas dan mudah dikunjungi warga luar daerah,” kata Bupati Gayo Lues H Ibnu Hasyim seperti dikutip teropongaceh.com (21/3).

Selain itu, Ibnu Hasim juga menawarkan kepada masyarakat Penampaan, apakah masjid ini nantinya dikelola oleh Pemda atau desa itu sendiri, kalau dikelola oleh desa, maka penghasilanya untuk desa, begitu juga jika dikelola oleh Pemda, penghasilanya akan dikembalikan ke Desa Penampaan berbentuk program, dengan catatan, seluruh pengurusnya akan digaji oleh Pemda.

Masjid Asal kata Ibnu Hasim memiliki banyak kelebihan, air sumurnya juga diyakini bisa mengobati bermacam penyakit, sehingga setiap hari banyak warga yang berkunjung ke masjid tersebut. “Bukan saja warga Gayo Lues, dari Aceh Tenggara dan Aceh Tegah juga sering mengunjungi masjid ini untuk melaksanakan nazarnya,” ungkap Ibnu Hasyim. [FR]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Wali Kota Bogor Tinjau Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor

SUARA MASJID | Bogor–Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau kemajuan pembangunan Masjid Agung dan …

Suling

Pangdam Jaya Apresiasi Program Subuh Keliling PMJ di Masjid Cut Meutia

SM | Jakarta—Ada yang spesial di acara Subuh Keliling (Suling) Polda Metro Jaya yang dilaksanakan …

Translate »