Sektor Satu Siap Sambut Kedatangan Jamaah Haji di Makkah

MAKKAH, (SM)–Jamaah kloter pertama embarkasi Padang (PDG 01) yang dijadwalkan akan tiba di Makkah pada 18 Agustus yang akan datang siap disambut di sektor satu. Demikian Kepala Sektor Satu Daerah Kerja (Daker) Makkah Herman.

“Sektor satu sudah siap menyambut jamaah. Rumah 101 siap menyambut kedatangan jamaah kloter satu Embarkasi Padang (PDG 01) pada 18 Agustus,” demikian penegasan Herman dikutip kemenag.go.id Sabtu (13/08).

Sektor satu membawahi 9 pemondokan yang rata-rata setara dengan hotel bintang tiga. Gugusan hotel ini berjajar memanjang di sepanjang kawasan Mahbas Jin dengan jarak yang tidak terlalu berjauhan. Total jamaah haji yang akan menampati perumahan di sektor satu ini berjumlah 18.899 orang.

Menurut Herman, 444 jamaah PDG 01 akan menempati pemondokan 101 yang dikenal dengan nama Nasamat Al Khair. Gedung dengan 16 lantai ini memiliki kapasitas 2.384 tempat tidur. Jumlah tempat tidur per kamar bervariasi, sesuai ukuran kamar, dengan kisaran 3 sampai 6 unit atau rata-rata 4 orang per kamar.

Layaknya hotel bintang tiga, gedung ini dilengkapi dengan ruang lobby yang cukup luas. Ada 11 lift yang bisa digunakan oleh jamaah. Selain air mineral dalam kemasan botol 600 ml yang akan dibagikan kepada jamaah, pihak hotel juga menyediakan 4 dispenser dengan gallon berisi air zamzam di setiap lantainya. Kamar mandi hotel dilengkapi dengan closet duduk dan shower untuk mandi.

Hotel ini juga menyediakan fasilitas toko Indonesia yang menjual berbagai macam keperluan jamaah sehingga tidak perlu jauh-jauh keluar hotel. Tepat di bagian depan hotel, dalam jarak sekitar 20 meter terdapat masjid yang cukup besar sehingga bisa digunakan para jamaah haji Indonesia untuk Salat berjamaah.

Akses jamaah ke Masjidil Haram juga terbilang mudah. Di seberang jalan hotel adalah terminal Mahbas Jin yang dilewati bus salawat yang akan mengantarkan mereka pulang pergi ke Masjidil Haram selama 24 jam.

Selain jamaah PDG 01, hotel yang berjarak sekitar 2km dari Masjidil Haram ini akan ditempati juga oleh jamaah dari kloter 16 dan kloter 35 Embarkasi Jakarta Bekasi (JKS 16 dan 35), kloter 37 Embarkasi Solo (SOC 37), seta kloter 23 dan 42 Embarkasi Surabaya (SUB 23 dan SUB 42).

Wakil Kepala Sektor Satu Misroni menambahkan bahwa untuk memberikan layanan terbaik kepada jamaah, kantor sektor satu dilengkapi dengan sejumlah ruang layanan. Selain ruang system informasi haji terpadu (siskohat) dan tata usaha, ada juga klinik kesehatan sektor dan ruang penyimpanan obat.

“Sektor juga menyiapkan ruang pelayanan umum yang antara lain bisa difungsikan sebagai sarana memberikan bimbingan ibadah kepada jamaah,” ujar Misroni. [FR-Pinmas]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Pembatalan Haji 2020, Dirjen: Saudi Belum Buka Akses Layanan

SM | Jakarta–Kementerian Agama memutuskan membatalkan keberangkatan jemaah haji 1441H/2020M. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah …

Efek Covid-19, Pemerintah Putuskan Haji 2020 Tidak Berangkat

SM | Jakarta–Calon jemaah haji tahun ini mesti bersabar. Rencana keberangkatan haji yang sudah di …

Translate »