Sedekah Makanan Tiap Jumat di Masjid Asy Syuhada

BONTANG, (SM)–Masjid Asy Syuhada Kelurahan Berbas Pantai Bontang menyediakan makanan usai shalat Jumat di teras masjid. Pemandangan ini tidak biasa di masjid lain.

Ini adalah program sedekah Jum’at di Masjid Asy Syuhada. Kegiatan ini untuk menyadarkan kembali kepada warga sekitar perihal pentingnya meramaikan masjid.

Muhammad Iqbal selaku Sekertaris Takmir Masjid Asy Syuhada mengaku ide sedekah makanan ini merupakan usulan dari ketua pengurus masjid, H Kholid Qodir.

“Alasan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menjalin silaturahmi antar warga, membiasakan bersedekah, gemar bawa konsumsi ke mesjid walaupun di luar momen Ramadhan. Dari warga, untuk warga,” ungkapnya.

Program sedekah makanan untuk jamaah shalat Jumat ini sudah ada sejak minggu terakhir bulan Juli 2016. Warga yang shalat Jumat yang terdiri dari 13 Rukun Tetangga di kelurahan Berbas pantai.

“Rata-rata ada sekitar 50 lebih warga yang antusias membawa makanan ke masjid untuk kelancaran kegiatan ini,” jelasnya dikutip klikbontang.com.

Makanannya pun beraneka ragam, seperti kolak, bubur, kue basah serta kacang ijo yang menjadi menu andalan itu dipastikan ada.

Iqbal mengungkapkan dengan adanya program ini, jamaah shalat Jum’at semakin ramai. Jumlah saldo Jum’at juga ikut mengalami peningkatan. Warga yang terkena jadwal mengantar makanan pun sangat antusias.

Bahkan, dengan adanya program Sedekah jum’at inilah muncul program buka bersama (bukber) puasa sunnah tiap hari senin dan kamis. Sampai minggu ini terhitung sudah kali ketiganya bukber. Terutama bukber saat momen puasa asysyura pada 9 djulhijah lalu.

Kegiatan ini murni hasil swadaya masyarakat. Belum ada perhatian khusus dari pihak pemerintah ataupun perusahaan. Pengurus takmir masjid hanya berharap semoga melalui kegiatan ini silaturahmi tetap terjaga, warga tetap antusias meramaikan masjid, membudayakan sedekah serta dapat terealisasi di masjid lainnya. [FR]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Wali Kota Bogor Tinjau Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor

SUARA MASJID | Bogor–Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau kemajuan pembangunan Masjid Agung dan …

Suling

Pangdam Jaya Apresiasi Program Subuh Keliling PMJ di Masjid Cut Meutia

SM | Jakarta—Ada yang spesial di acara Subuh Keliling (Suling) Polda Metro Jaya yang dilaksanakan …

Translate »