Sawahlunto Canangkan Maghrib Berjamaah

SAWAHLUNTO-SM. Pemerintah Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, mempunyai program  menjadikan Sawahlunto sebagai kota Wisata Tambang yang Berbudaya. Untuk itu, pemerintah Kota Sawahlunto mencanangkan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk memperkuat kendali diri melalui berbagai kegiatan keagamaan, salah satunya program Shalat Maghrib Berjamaah.

“Kami mewajibkan kepada setiap kepala keluarga agar membiasakan  shalat Maghrib berjamah di rumah dan dilanjutkan dengan mengaji Alquran bersama-sama di setiap keluarga. Pada jam itu, TV dimatikan. Alhamdulillah sekarang sudah mulai jalan,” ujar Wali Kota Sawahlunto, Ali Yusuf, sebagaimana dilansir republika.co.id.

Ali Yusuf mengemukakan hal tersebut pada  workshop yang bertema “Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum” di Kota Sawalunto, Sabtu (14/11).

“Kita tidak ingin dipersalahkan oleh anak cucu kelak. Kita tahu bahwa wisata sangat rawan dirasuki oleh nilai-nilai budaya luar yang akan membuat norma keagamaan menjadi longgar. Kami tidak ingin hal terjadi di Sawahlunto. Untuk itu, program wisata ini juga harus dibarengi dengan penguatan dari segi spiritual,” tegas Ali Yusuf.

Untuk mendukung hal itu, Pemkot Sawalunto sudah melaksanakan gerakan “Yasin bersama” di semua dusun dan RT/RW. “Sejak program ini, keadaan mulai berubah. Perlahan-lahan budaya agamis mulai tumbuh,” tegas Wali Kota Sawahlunto Ali Yusuf. [fathur-rol]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Wali Kota Bogor Tinjau Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor

SUARA MASJID | Bogor–Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau kemajuan pembangunan Masjid Agung dan …

Suling

Pangdam Jaya Apresiasi Program Subuh Keliling PMJ di Masjid Cut Meutia

SM | Jakarta—Ada yang spesial di acara Subuh Keliling (Suling) Polda Metro Jaya yang dilaksanakan …

Translate »