Santri Hidayatullah Jadi Khotib Masjid Baiturrahman Istana Presiden

JAKARTA (SM)–Idul Fitri 1 Syawal 1437 umat Islam mengumandangkan takbir kemenangan. Saat itu, umat Islam Indonesia akan menjalankan sholat Idul Fitri baik di masjid maupun lapangan. Tanpa terkecuali di Masjid Baiturrahman Istana Kepresidenan Republik Indonesia, tempat Presiden Jokowi Widodo beraktivitas.

Seperti yang dijadwalkan panitia shalat Idul Fitri Masjid Baiturrahman, bahwa yang bertindak sebagai khatib di Masjid Baiturrahhman Istana Kepresidenan adalah Ustadz H. Ahmad Buchory Muslim serta imam K.H. Tajuddin Hasan.

Ustadz Buchory demikian panggilan akrabnya, selama ini dikenal sebagai santri lulusan pesantren Hidayatullah yang banyak mengisi materi pengajian di masjid-masjid, salah satunya di Masjid Baiturrahman.

Ustadz Buchory rencananya akan menjadi khatib di Masjid Baiturrahman nanti, ia akan membawakan tema ‘Dengan Sya’riat Menuju Indonesia Berdaulat’. Ustadz Buchory menjelaskan bahwa selama ini banyak masyarakat yang bias mengartikan tentang syariat. Padahal syariat adalah sebuah nilai-nilai ajaran dalam Islam yang berisikan tentang rahmatan lil alamin.

Ajaran tersebut, tambah Ustadz Buchory selama ini sudah dilakukan secara turun temurun di negeri ini dalam bentuk berbagai aktivitas dengan semangat kegotong-royongan dan membangun toleransi. “Maka dari itu sangat perlu menyegarkan kembali pemahaman syariat baik secara akademik dan implementasi sehingga berguna dalam membangun kedaulatan bangsa,” terangnya.

Ustadz Buchory menambahkan, menuju Indonesia berdaulat sangat penting, apalagi Presiden Soekarno dalam pidato Trisaktinya menekankan pentingnya bangsa Indonesia untuk berdaulat dari segi politik, ekonomi dan budaya. Untuk mengimplementasikan itu, etika dan moral sebagai substansi dalam menegakkan Trisakti.

Ustadz Buchory menjelaskan, dengan syariat yang berisi tentang nilai-nilai moralitas bisa ditransformasikan. Sehinggga semangat Trisakti tetap berpegang teguh pada nilai Ketuhanan Yang Maha Esa. “Dengan demikian insyallah negeri ini akan selalu di rahmati oleh Allah SWT dengan hidayahnya,” jelasnya. (FR)

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

dai pedalaman

Bupati Aceh Singkil Lepas Kafilah Safari Dakwah Perbatasan

SM | Aceh–Hari itu, untuk keempat kalinya, FDP melaksanakan Safari Dakwah Kepulauan. Safari yang berlangsung …

bupati supiori

Bupati Supiori Letakkan Batu Pertama Masjid An Nur

BSM| Supiori–Bupati Supiori Drs Yules F warikar meletakkan baru pertama pembangunan masjid An Nur Polres …

Translate »