Sistem Berbasis Masjid Efektif untuk Rehabilitasi Narkoba

SUARAMASJID.com| Jakarta–Penanganan rehabilitasi narkoba di rumah sakit yang ada selama ini dengan sistem tertutup. Menurut Dr. Fardinand Rabain, tempat rehabilitasi narkoba tak akan mampu menyembuhkan orang yang terdampak narkoba dalam jangka pendek. Di sisi lain, tidak menutup kemungkinan bermunculan lagi orang terkena narkoba.

“Sudah saatnya sistem rehabilitasi itu secara terbuka. Sistem berbasis masjid yang efektif merehabilitasi penggunaan narkoba. Makanya panti rehab turun ke masjid, transfer ilmu ke pengurus atau jamaah masjid agar mereka dapat melakukan seperti panti rehabilitasi,” katanya di Jakarta, Selasa (11/7).

Dampak penyebaran transfer ilmu rehabilitasi, Fardinand, yakin dalam hitungan tahun pecandu narkoba akan beres. Asal pemerintah menyadari pentingnya saran ini. Namun, meski pemerintah belum mengambil saranya, ia bersedia melatih merehabilitasi narkoba.

Dalam praktek menyembuhkan kecanduan narkoba berupa doa. Makanya ia rela mengajari cara ini ke masjid. “Kekuatan doa sangat dahsyat karena semua yang sakit hanya kita berserah diri kepada Allah SWT. Munajat kepada Allah yang maha penyembuhan, ini yang enggak saya dapat waktu kuliah kedokteran,” paparnya. [FR]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

MUI Imbau Shalat Ghaib untuk Korban Virus Corona

SM| Jakarta–Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat melalui Komisi Fatwa mengimbau agar umat Islam melakukan shalat …

Gubernur DKI Tiadakan Shalat Jumat di Masjid Dua Pekan ke Depan

SM| Jakarta–Gubernur DKI Anies Baswedan memutuskan meniadakan kegiatan ibadah secara berjamaah yang dilakukan tempat-tempat ibadah …

Translate »