Sekjen DMI: Semangat Keagamaan dalam Tren Progresif

SUARAMASJID.com| Jakarta– Sekretaris Jenderal Dewan Masjid Indonesia (DMI), Imam Addaruquthni menilai, saat ini semangat keagamaan khususnya Islam sedang dalam tren progresif. Karenanya, ia menepis anggapan kalau banyaknya masjid tidak beriringan dengan meningkatnya jamaah datang ke masjid.

“Semangat keagamaan, khususnya Islam sedang dalam tren pregoresif, banyak masjid baru yang megah, orang yang datang ke masjid juga semakin banyak,” kata Imam seperti dilansir Republika.co.id, Selasa (23/5).

Bahkan, ucap Imam, berbagai media terutama elektronik, menunjukkan intensitas orang untuk berkumpul dan mendengar tausiyah di masjid semakin meningkat. Dia merasa, peningkatan ini, sekaligus jadi respons, khususnya dari masyarakat Islam terhadap perkembangan keseharian yang ada.

Imam mengingatkan, kondisi ini turut terjadi dalam sejarah peradaban Islam. Misalnya, saat tren hedonisme korupsi yang merajalela. Ternyata, tren itu dari satu segi menaikan semangat keagamaan di masyarakat, terutama sebagai bentuk kritik terhadap kehidupan sehari-hari.

“Nah, negara dalam hal ini bisa mempertimbangkan suasana kebatinan umat dan semangat keagamaan, agar pro terhadap kebajikan dan kejujuran atau good goverment,” ujar Imam.

Selain itu, dia merasa, fungsi masjid dari waktu ke waktu semakin mengalami sekularisasi dalam artian baik, yaitu perbincangan masalah keduniaan semakin meningkat. Menurut Imam, Islam semakin diterjemahkan dalam realitas yang lebih positif, sehingga masjid tidak hanya sebagai tempat shalat.

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

MUI Imbau Shalat Ghaib untuk Korban Virus Corona

SM| Jakarta–Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat melalui Komisi Fatwa mengimbau agar umat Islam melakukan shalat …

Gubernur DKI Tiadakan Shalat Jumat di Masjid Dua Pekan ke Depan

SM| Jakarta–Gubernur DKI Anies Baswedan memutuskan meniadakan kegiatan ibadah secara berjamaah yang dilakukan tempat-tempat ibadah …

Translate »