bukhori abdul somad

Wakil Ketua Lembaga Dakwah Parmusi Tanggapi Kepala BPIP

SM| Jakarta–Pernyataan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Yudian Wahyudi yang dimuat oleh detik.com pada tanggal 12 Februari 2020 menggemparkan public. Pasalnya, dia menyatakan bahwa musuh terbesar Pancasila adalah agama.

Wakil Ketua Lembaga Dakwah Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) Dr. KH. Bukhori Abdul Somad, MA, merasa prihatin dengan pernyataan itu yang keluar dari seorang professor yang juga Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini.

“Hanya penganut paham Atheis yang mengatakan bahwa agama musuh besar Pancasila,” tegas Ustadz Bukhori dilansir Gontornews.com, Kamis (13/2).

Ustadz Bukhori menjelaskan, sebagai warga negara yang beragama, kita sangat prihatin dengan pernyataan ngawur Kepala BPIP ini. “Saya prihatin dengan pernyataan yang ngawur dari Kepala BPIP Yudian Wahyudi, yang mengatakan agama musuh terbesar Pancasila,” paparnya.

Ustadz Bukhori menegaskan, pernyataan ini menunjukan bahwa dia tidak paham Pancasila dan tidak beragama,  karena agama tidak bisa dipertentangkan dengan Pancasila.

“Pancasila bagian dari nilai-nilai agama. Bagaimana bisa agama menjadi musuh terbesar pancasila?” Tanya alumni Gontor tahun 1991 ini.

Ustadz Bukhori menambahkan, apalagi jika dilihat sejarah lahirnya Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. “Pancasila mengadopsi dari nilai-nilai agama (Islam). Mustahil, jika dikatakan agama menjadi musuh besar Pancasila.  yang mengatakan demikian hanya orang yang tidak beragama,” tegasnya.

Ustadz Bukhori yang bergerak di urusan dakwah Parmusi ini juga selalu menanmkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Bahkan ia menegaskan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini adalah negara baragama yang tertuang dalam Sila 1 dari Pancasila.

“Karena itu, suatu keharusan bagi seorang dai cinta Tanah Air. Hubbul wathon minal iman,” ungkapnya. [nk]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

MUI Imbau Shalat Ghaib untuk Korban Virus Corona

SM| Jakarta–Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat melalui Komisi Fatwa mengimbau agar umat Islam melakukan shalat …

Gubernur DKI Tiadakan Shalat Jumat di Masjid Dua Pekan ke Depan

SM| Jakarta–Gubernur DKI Anies Baswedan memutuskan meniadakan kegiatan ibadah secara berjamaah yang dilakukan tempat-tempat ibadah …

Translate »