Masjid NU Harus Bersertifikat dan Berbadan Hukum

SM| Malang–Ketua Pengurus Cabang (PC) Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Kabupaten Malang, Jawa Timur, Pujiono menegaskan dan memberikan imbauan agar seluruh masjid Nahdlatul Ulama haruslah bersertifikat. Selain itu ia juga mendorong agar memiliki badan hukum NU.
Hal ini disampaikannya di hadapan sekitar 500 orang para peserta Diklat Manajemen Masjid yang diselenggarakan di gedung bundar Asy’ariyah Universitas Islam Malang (Unisma), Sabtu (14/9).
“Masjid harus bersertifikat dan bahkan afdhalnya harus berbadan hukum NU,” katanya dilansir NUOnline.
Di samping itu ia juga menekankan pentingnya manajemen masjid dalam 3 (tiga) ranah manajemen masjid. Tiga ranah manajemen itu menurutnya adalah aspek imarah, riayah dan idarah.
“Manajemen masjid yang harus dikembangkan yaitu pertama imarah, bagaimana takmir bisa memakmurkan masjid baik dari segi hablun minallah dan hablun minannas,” kata pria yang juga Ketua STAINU Malang itu.
“Kedua adalah aspek riayah, yaitu mengenai perawatan fisik masjid seperti kebersihan, kesucian, kenyamanan dan keamanan masjid. Dan yang ketiga adalah idarah, yaitu bahwa masjid harus tertib administrasi, surat-menyurat, dan termasuk harus bersertifikat,” urai alumni Pondok Pesantren AI An-Nahdliyah ini.
Dirinya juga menjelaskan bahwa jika saja tiga hal tersebut dapat dikembangkan para takmir, maka masjid akan menjadi semakin maju. Makna memakmurkan masjid menjadi lebih terwujud. Dan yang tak kalah pentingnya nilai ibadah dan jihad fi sabilillah akan lebih nyata.
“Jika tiga hal ini dilakukan, maka insyaallah akan muncul masjid di Kabupaten Malang yang akan jadi rujukan banyak orang,” pungkasnya.
Pada acara hasil kerja sama antara PC LTMNU dan Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Nahdlatul Ulama (LakpesdamNU) itu hadir beberapa tokoh dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama seperti KH Imam Sibaweh, Katib PCNU Kabupaten Malang, KH Sudirman (Lakpesdam NU) dan KH Romadhon Khatib mewakili Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur.
Masing-masing juga memberikan materi tentang manajemen masjid kepada peserta. [nk]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Gubernur DKI Tiadakan Shalat Jumat di Masjid Dua Pekan ke Depan

SM| Jakarta–Gubernur DKI Anies Baswedan memutuskan meniadakan kegiatan ibadah secara berjamaah yang dilakukan tempat-tempat ibadah …

surat dmi soal corona

DMI Keluarkan Edaran Terkait Shalat Jumat di Masjid

SM| Jakarta–Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengeluarkan surat edaran tentang pelaksanaan shalat Jumat terkait …

Translate »