Dewan Wakaf Islam Serukan Israel Hentikan Konstruksi di Masjid Al-Aqsa

SM| Al-Quds–Dewan Wakaf Islam Yerusalem dan Urusan Masjid Al-Aqsa (J’lem Awqaf) menyerukan agar pekerjaan konstruksi pendudukan Israel yang terjadi di dinding selatan Masjid Al-Aqsa untuk dihentikan.

“Sekelompok pekerja Israel pada Ahad (5/1) melanjutkan pekerjaan mereka di tembok selatan Masjid Al-Aqsa di daerah Istana Umayyah dengan dalih merenovasi dinding,” kata Dewan Wakaf itu dalam sebuah pernyataannya, demikian Palestinian Information Center (Palinfo) melaporkan, Senin (6/1).

Dewan Wakaf juga meminta otoritas pendudukan Israel untuk segera menghentikan semua pekerjaan konstruksi dan mengosongkan semua peralatan serta struktur yang telah mereka tempatkan di area dinding.

“Kami menekankan perlunya mengembalikan batu-batu bersejarah yang dicurinya untuk menempatkannya kembali di dinding masjid barat,” katanya.

Mereka juga mengutuk kegiatan seperti pelanggaran terhadap situs suci Islam dan menegaskan bahwa lingkungan Masjid Aqsa dengan bangunan masjid, halaman, dinding dan jalan yang mengarah ke sana adalah situs suci Islam murni milik eksklusif untuk negara Muslim.

Dewan itu menegaskan bahwa Wakaf adalah satu-satunya lembaga yang bertanggung jawab untuk mengelola urusan Masjid Al-Aqsa, termasuk pemeliharaan bagian dalam dan luar dinding masjid.

Hal ini, menurutunya memperingatkan terhadap kelanjutan dari tindakan dan pelanggaran terhadap masjid dengan luas total 144-dunum, dan menekankan bahwa itu adalah tempat ibadah dan doa bagi umat Islam yang berada pada perwalian Raja Yordania Abdullah II bin Al-Hussein.

“Ini juga memperingatkan terhadap kelanjutan penggalian bawah tanah di sekitar Masjid Al-Aqsa, khususnya di wilayah istana Umayyah,” tambahnya. [nk]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

MUI Imbau Shalat Ghaib untuk Korban Virus Corona

SM| Jakarta–Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat melalui Komisi Fatwa mengimbau agar umat Islam melakukan shalat …

Gubernur DKI Tiadakan Shalat Jumat di Masjid Dua Pekan ke Depan

SM| Jakarta–Gubernur DKI Anies Baswedan memutuskan meniadakan kegiatan ibadah secara berjamaah yang dilakukan tempat-tempat ibadah …

Translate »