9 Masjid Tak Punya Imam Tetap, Warga Menuntut Pemerintah

SM| Wajo–Sembilan masjid di Desa Lempong, Kecamatan Bola, Kabupaten Wajo tidak memiliki imam tetap. Warga di desa tersebut pun meminta pemerintah setempat untuk memikirkan solusi persoalan ini.

Kondisi minimnya imam tetap di Desa Lempong ini disampaikan oleh salah seorang warga bernama Hj Mastang. Menurut dia, tak adanya imam tetap di sembilan masjid tersebut membuat jamaah yang datang untuk salat juga kurang.

Mastang mendesak agar pemerintah memikirkan solusi untuk persoalan ini. Apalagi, pemerintah Wajo di bawah kepemimpinan Amran Mahmud sebagai bupati kata dia, memiliki program mengenai pembenahan masjid.

“Pemerintah harus memikirkan hal ini, apa lagi pak bupati punya program kerja gerakan mesjid cantik (gemantik). Cantik bangunannya, imamnya juga ada,” kata Mastang.

Menanggapi hal itu, legislator DPRD Wajo dari Dapil V, Sulfiah mengatakan, sebagai muslim yang baik, kesejahteraan masjid, termasuk gaji imam perlu dipikirkan bersama-sama pemerintah.

Menurutnya, kekurangan imam mesjid di Desa Lempong bukan berarti di wilayah tersebut sumber daya manusia (SDM) tidak ada yang mampu untuk menjadi imam. Akan tetapi, hal tersebut disebabkan tidak ada orang yang diberi tanggung jawab menjadi imam masjid tetap.

“Orang yang diberikan tugas dengan cara digaji akan lebih mempunyai tanggung jawab yang besar dibanding yang tidak digaji. Insyaallah saya akan sampaikan ini ke pak bupati,” jelas dia.

Bupati Kabupaten Wajo, Amran Mahmud menjelaskan, persoalan imam masjid merupakan salah satu program prioritas yang telah ia canangkan melalui program gemantik.

Program gemantik bertujuan agar seluruh mesjid yang ada di Kabupaten Wajo memenuhi standar sarana dan prasarana ibadah, baik dari bangunan, tempat wudhu, tempat belajar anak, termasuk juga pengurus atau imam di masing-masing masjid.

“Yang jelas itu menjadi salah satu program prioritas ke depan,” pungkasnya. [nk]

Sumber: makassar.sindonews.com/

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

MUI Imbau Shalat Ghaib untuk Korban Virus Corona

SM| Jakarta–Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat melalui Komisi Fatwa mengimbau agar umat Islam melakukan shalat …

Gubernur DKI Tiadakan Shalat Jumat di Masjid Dua Pekan ke Depan

SM| Jakarta–Gubernur DKI Anies Baswedan memutuskan meniadakan kegiatan ibadah secara berjamaah yang dilakukan tempat-tempat ibadah …

Translate »