Rakornas LAZISMU Menuju Laznas Berkemajuan

SIDOARJO, SM—LAZISMU melalui Rakornas 2016 Sidoarjo, 7 – 9 April 2016  berupaya mewadahi isu-isu yang berkembang dalam khazanah zakat kontemporer. Untuk mewujudkannnya, LAZISMU mengambil langkah-langkah pembahasan strategis dalam pola komunikasi dan sinergitas antara Muhammadiyah sebagai civil society dengan segenap pemangku kepentingan (stakeholders) baik di pusat maupun daerah dalam bingkai Rapat Koordinasi Nasional.

Ketua Badan Pengurus LAZISMU, Hilman Latief, menekankan pentingnya legalitas formal. “Mulai tahun 2016 sampai 2020, diharapkan Pimpinan Daerah dan Cabang Muhammadiyah di seluruh Indonesia mengkonsolidasikan keberadaan LAZISMU. Tentunya dengan memberikan dukungan kelembagaan secara legal formal di internal Muhammadiyah”, kata Hilman seperti dilansir Gontornews.com.

Dalam rakornas ini, Hilman menjelaskan bahwa reposisi LAZISMU, sebagai lembaga yang secara resmi mewakili ormas Islam Muhammadiyah dalam pengelolaan dana-dana zakat, infak dan sedekah, perlu melakukan reposisi dengan melakukan langkah-langkah strategis untuk menyesuaikan dengan perkembangan regulasi zakat di Indonesia. LAZISMU sendiri berdiri dan dikukuhkan sebagai LAZ Nasional sejak tahun 2002.

“Lembaga ini telah menjadi ikon zakat Muhammadiyah. Sejak berdirinya LAZISMU, beberapa lembaga amil zakat yang dikelola warga Muhammadiyah baik yang bernaung di bawah Pimpinan Daerah maupun Pimpinan Cabang mulai ‘hijrah’ dan menggunakan nama LAZISMU sebagai ‘brand’ baru mereka”, jelasnya.

Ini menunjukkan bahwa standarisasi kapasitas dan tata kelolanya di seluruh tingkatan adalah agenda yang mendesak dilakukan dalam reposisi kelembagaan. Mulai dari standar pelaporan, standar akuntansi zakat, SOP, dan tentu saja pelaporan terintegrasi. “Sistem pelaporan yang terintegrasi menjadi prasyarat penting agar LAZISMU tetap menegaskan dirinya sebagai LAZ nasional di Indonesia, sehingga grafik perkembangannya lebih terukur”, tandasnya.

“LAZISMU adalah sebuah gerakan bersama warga Muhammadiyah dalam mendorong terciptanya masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan”, kata pria yang meraih penghargaan Alumni Achievement Award dari School of Arts and Sciences, dari Western Michigan University (WMU) Amerika Serikat itu. [FR]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

WMI Edukasi Driver Ojol untuk Cegah Covid-19

SM | JAKARTA – Wahana Muda Indonesia (WMI) pada Rabu kemarin (01/04/2020) menggelar aksi kampanye …

truk humanity

ACT Hadirkan Armada Humanity Food Truck di Gaza

SM| Gaza–Aksi Cepat Tanggap (ACT) menghadirkan armada Humanity Food Truck Baru di Gaza. Armada kemanusiaan …

Translate »