Presiden Resmikan Masjid Agung Oesman Al Khair

KALBAR, (SM)–Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Masjid Agung Oesman Al-Khair yang terletak di Kecamatan Sukadana, Kayong Utara, Kalimantan Barat.

“Masjid yang sangat megah, yang sangat besar, masjid Oesman Al Khair, masjid terapung yang kalau kita lihat ke arah laut sangat indah, sangat megah sekali. Alhamdulillah,” kata Presiden Joko Widodo usai meninjau kompleks masjid di Sukadana, Kayong Utara, Sabtu (15/10).

Masjid berkapasitas 3.000 jamaah tersebut mengadopsi arsitektur masjid di Timur Tengah dengan warna serba putih dan dihiasi ornamen ukiran kaligrafi pada dinding luar, serta interior ala Maroko.

Bupati Kayong Utara Hildi Hamid menyebut masjid tersebut dimaksudkan sebagai replika masjid-masjid di Jeddah. “Masjid di atas air seperti di yang ada di Laut Mati,” kata Hildi Hamid di Kayong Utara dikutip antaranews.

Masjid dibangun selama lima tahun dan menelan biaya sekitar Rp38 miliar. Oesman Al-Khair dinamakan berdasarkan sejarah pembangunan masjid tersebut.

“Dulu di situ ada namanya Masjid Al-Qudsy, kemudian masyarakat punya ingin membesarkan masjid supaya jadi masjid agung. Lalu Pak Oesman Sapta Oedang berbaik hati menghibahkan lahan serta memberi bantuan dana pembangunan masjid hingga Rp11 miliaran, makanya kami memberi nama masjid sebagai masjid kebaikan hati Pak Oesman atau Oesman Al-Khair,” kata Hildi.

Diharapkan, selain menjadi pusat ibadah umat muslim Kayong Utara, masjid agung tersebut nantinya bisa menjadi daya tarik wisatawan utamanya wisata religi ke daerah Kayong Utara.

Senada dengan Hildi, pimpinan MPR RI Oesman Sapta Oedang juga berharap masjid bisa menjadi ikon Kayong Utara yang mampu menarik wisatawan ke daerah tersebut.

“Betapa indahnya masjid ini, ini merupakan ikon yang kalau orang datang ke sini minimal dia akan mengambil foto. Ini salah satu obyek turis nantinya,” kata Oesman. [FR]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Wali Kota Bogor Tinjau Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor

SUARA MASJID | Bogor–Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau kemajuan pembangunan Masjid Agung dan …

Suling

Pangdam Jaya Apresiasi Program Subuh Keliling PMJ di Masjid Cut Meutia

SM | Jakarta—Ada yang spesial di acara Subuh Keliling (Suling) Polda Metro Jaya yang dilaksanakan …

Translate »