dmi jawa timur

Pertama Kali, PW DMI Jawa Timur Selenggarakan Masjid Award

SUARA MASJID | Surabaya– Pengurus Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Jawa Timur tahun 2022 ini menyelenggarakan ajang Masjid Award Provinsi Jawa Timur. Ajang ini diikuti seluruh masjid di Jawa Timur di bawah binaan Dewan Masjid Indonesia.

Ketua PW DMI Provinsi Jawa Timur, KH M. Roziqi, mengatakan, ajang Masjid Award ini untuk pertama kali diselenggarakan di Jawa Timur. “Insya Allah akan kami selenggarakan setiap tahun. Para pemenang akan kami daftarkan untuk mengikuti Masjid Award tingkat nasional,” kata Roziqi.

Ajang Masjid Award pertama kali diselenggarakan PP DMI, tahun 2022. Pada ajang ini DMI Prov. Jawa Timur mendaftarkan 10 masjid dan semuanya memperoleh anugerah di kategori berbeda-beda.

Masjid Award Provinsi Jawa Timur diikuti oleh semua tipe masjid, mulai masjid raya, masjid masjid agung, masjid jami dan masjid perkampungan/perkantoran. Setiap Pimpinan Daerah (PD) DMI kabupaten/kota mendaftarkan satu masjid untuk setiap kategori.

Adapun kategori yang dilombakan yaitu Masjid Sehat dan Bersih, Manajemen Masjid Terbaik, Arsitektur Masjid Terbaik dan Bersejarah, dan Pemberdayaan Sosial Ekonomi Masjid Terbaik. Setiap kategori dipilih pemenang 1, 2 dan 3.

Setiap peserta ajang “Masjid Award Propinsi Jawa Timur” didaftarkan oleh PD DMI kabupaten/kota masing-masing dengan cara mengisi form peserta melalui aplikasi yang disediakan. Kemudian panitia melakukan seleksi verifikasi administrasi, verifikasi faktual dan presentasi.

Dikatakan M. Roziqi pada November dan Desember tahap pendaftaran dan seleksi adiministrasi, faktual dan presentasi. Tahap sosialisasi sudah dilakukan panitia, Kamis (10/11) di aula Kanwil Kemenag Jawa Timur diikuti 114 undangan. Direncanakan pengumuman pemenang Masjid Award Propinsi Jawa Timur pada 14 Desember 2022.

Ditambahkan oleh Roziqi, bagi masjid yang pernah mendapat anugerah pada Masjid Award tingkat nasional tidak diperbolehkan mengikuti Masjid Award Propinsi Jawa Timur. “Biar memberi kesempatan kepada masjid yang lain,” kata mantan Kepala Kanwil Kemenag Jawa Timur ini.

Sementara itu Agoes Moh. Moefad, Ketua Panitia Masjid Award Provinsi Jawa Timur, mengatakan penyelenggaraan Masjid Award dilatari tujuan untuk mewujudkan fungsi masjid sebagai pusat ibadah, pengembangan masyarakat dan persatuan umat.

“Dalam rangka mengkontrol fungsi masjid, DMI Provinsi Jawa Timur selalu mendorong terciptanya aktivitas mengarah pada fungsi masjid yang diharapkan. DMI Provinsi Jawa Timur mempersembahkan dan memberikan apresiasi untuk memotivasi pencapaian prestasi terhadap masjid-masjid yang telah menjalankan fungsinya dengan manajemen masjid yang baik,” kata Agus yang juga Koordinator Bidang Kominfo PW DMI Provinsi Jawa Timur ini. [fro]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Suling

Pangdam Jaya Apresiasi Program Subuh Keliling PMJ di Masjid Cut Meutia

SM | Jakarta—Ada yang spesial di acara Subuh Keliling (Suling) Polda Metro Jaya yang dilaksanakan …

Tim Dirbinmas PMJ Gelar Subuh keliling di Masjid Cut Meutia

SM | Jakarta–Masjid Cut Meutia mendapatkan tamu istimewa dari para jamaah Subuh Keliling Polda Metro …

Translate »