PERSIS Gelar Sidang Dewan Hisbah di Bandung

SUARAMASJID.com| Bandung–Dewan  Hisbah Persatuan Islam (Persis) menggelar Sidang Lengkap I di Ciganitri, Bandung mulai tanggal 28-29 Desember 2016. Sidang ini mengagendakan bahasan tentang persoalan keagamaan sepeti fikih.

Ketua Dewan Hisbah KH M Romli, sebagaimana dilansir portal persis.or.id, menyebut bahwa sidang dewan hisbah ini digelar untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul seputar permasalahan yang berkembang di masyarakat.

Selain itu,  dalam rapat ini pula, Dewan Hibah rencananya akan menentukan keputusan-keputusan yang dapat dijadikan bahan rujukan dalam penentuan sikap dan kebijakan PP Persis.

Ketua Umum PP Persis, Aceng Zakaria, menyebut ada sejumlah perbedaan pandangan hukum yang  muncul antara PP Persis dan Persis Bangil, Persis Bandung maupun Persis Bangil. KH Luthfi Abdullah Ismail, anggota Dewan Hisbah Persis Bangil, menyebut bahwa perbedaan di tubuh Persis tersebut disebabkan karena belum adanya kesepakatan penggunaan model pengambilan hukum atau Turuqul istinbath di Jam’iyyah Persis.

Hal ini direspon oleh PP Persis dengan mengadakan acara Pra Sidang Dewan Hisbah tentang tata tertib dan Turuqul Istinbath, Selasa (27/12). Acara ini diharapkan agar tercipta persamaan persepsi antar anggota Dewan Hisbah.

Diantara pembahasan yang diagendakan dalam sidang dewan hisbah, Rabu (28/12), ini yaitu: (1) kriteria kafir dan hukum mengafirkan; (2) menjamak shalat Ashar dengan shalat Jum’at; (3) hukum akad nikah diwakilkan; (4) Takwil tentang sifat-sifat Allah swt; (5) Kailiyat musafir kepada Muqim shalat 4 raka’at; (5) Jamak taqdim melempar jamarot; (6) hukum menakwil mimpi.

Pada Kamis (29/12), sidang dewan hisbah dilanjutkan dengan pembahasan seputar (1) mengakhirkan Umrah karena sakit pada haji tamattu’; (2) Khulu’ dengan cara mengambalikan Mas Kawin kepada keluarga suami tanpa sepengetahuan suami; (3) mandi untuk haji sebelum tanggal 8 Dzulhijjah (hari Tarwiyah); (4) pengaobatan jarak jauh; dan (5) hukum uang muka apabila batal jual beli. [FR]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

BWA Distribusikan 1 Juta Wakaf Al-Qur’an ke Daerah Pedalaman

SM | Jakarta–Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) telah mendistribusikan 1.014.053 eksemplar Al-Qur’an ke wilayah pedalaman, pulau …

MUI : Shalat Jumat Dua Gelombang tidak Tepat di Indonesia

SM | Jakarta–Pelaksanaan ibadah shalat jumat di era kehidupan normal baru (new normal life) menuntut …

Translate »