poto tribun

Peringati Maulid Nabi dengan Gunting Rambut Balita

poto tribun
poto tribun

BANGKA-SM. Ada satu tradisi unik di beberapa kelurahan di Kabupaten Bangka Barat saat memperingati Kelahiran Nabi Muhammad SAW (Maulid) yaitu menggunting rambut massal balita di masjid-masjid.

Di Kelurahan Kelapa dan sekitarnya, salah satunya di Masjid Shirotol Mustaqim, Ikatan Remaja Masjid dan Pengurus menggelar tradisi gunting rambut massal, Kamis (24/12). Tradisi gunting rambut ini diikuti 60 balita di Kelurahan Kelapa dan sekitarnya.

Ketua Pelaksana Gunting Rambut Massal Masjid Shirothol Mustaqim Kelapa M Koprawi menyebutkan, tradisi ini setiap tahun dilakukan, memanfaatkan momen peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Setiap melakukan tradisi gunting rambut massal, diiringi lantunan shalawat Nabi dan doa-doa,” katanya.

Dalam proses gunting rambut massal, ada enam tokoh agama yang menerima mandat untuk menggunting rambut, diantaranya H Said Hamid, Aswad, HM Hatta, H Abdurrahman, H Hudi dan Nopriadi.

Di belakang barisan petugas yang menggunting, belasan warga bertugas melantunkan shalawat Nabi, untuk mengiringi prosesi gunting rambut massal.

“Semoga apa yang kamu lakukan ini mendapatkan manfaat dan barokah dari Allah, anak-anak yang dicukur (gunting) semoga menjadi anak soleh solehah,” harap Koprawi. [FR-tribunnews]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Wali Kota Bogor Tinjau Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor

SUARA MASJID | Bogor–Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau kemajuan pembangunan Masjid Agung dan …

Suling

Pangdam Jaya Apresiasi Program Subuh Keliling PMJ di Masjid Cut Meutia

SM | Jakarta—Ada yang spesial di acara Subuh Keliling (Suling) Polda Metro Jaya yang dilaksanakan …

Translate »