Foto liputann6

Pemkot Makassar Sosialisasikan Program di Masjid Selama Ramadhan

MAKASSAR (SM)–Program Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar bakal disosialisasikan di masjid-masjid se-kota Makassar selama Ramadhan 1437 Hijriah. Sosialisasi itu tidak hanya melibatkan mubalig juga menyertakan pemerintah kota di dalamnya.

Beberapa program Pemkot memang bernafaskan ajaran Islam. Hal itu kerap kali disampaikan oleh Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto pada berbagai kesempatan berbeda.

Sebut saja program LISA (Lihat Sampah Ambil) atau program MTR (Makassar Tidak Rantasa) keduanya mengadopsi ajaran Islam yang menyerukan umatnya mencintai kebersihan sebagai bagian dari iman.

“Mubalig perlu menyampaikan program pemerintah kota,” ungkap Ketua DPP IMMIM, Ahmad M Sewang. Apalagi, menurutnya pemerintah kota saat ini sangat serius dalam membangun akhlak umat. Hal itu tercermin dari beberapa program pemerintahan di bidang keagamaan semisal insentif bagi guru mengaji, dan pemandi jenazah, pengajian per kelurahan, dan penataan Nusantara sebagai kawasan kuliner.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Kamaruddin Munde menuturkan program Pemkot masuk masjid sebagai bentuk sinergitas antara Pemkot dan mubalig. “Juga meningkatkan silaturahmi antara Pemkot dan mubalig,” ujarnya seperti dikutip makassarkini.com.

Danny Pomanto menitipkan kepada mubalig Makassar saat Ramadhan nanti melalui syiar Islam dapat mengingatkan kepada jamaah tarawih untuk kembali memperkuat pondasi keluarga sebagai unit terkecil di masyarakat.

“Anak-anak kita banyak yang tidak lagi dididik oleh orang tuanya. Mereka belajar dari Smartphone sementara orang tua tidak memiliki batasan dan kontrol terhadap informasi yang diakses oleh anak-anak,” ucap Danny.

Jika fungsi keluarga dikembalikan sebagai pranata sosial terkecil di masyarakat tempat ditanamkannya nilai-nilai keagamaan, kejujuran, saling menghargai, dan menjaga satu sama lain maka fenomena sosial yang bermunculan saat ini dapat diredam.

“Di sinilah peran para mubalig sangat dibutuhkan. Mengembalikan fungsi keluarga sebagai pranata sosial yang berperan membangun karakter atau akhlak generasi kita,” pesan Danny. [FR]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Wali Kota Bogor Tinjau Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor

SUARA MASJID | Bogor–Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau kemajuan pembangunan Masjid Agung dan …

Suling

Pangdam Jaya Apresiasi Program Subuh Keliling PMJ di Masjid Cut Meutia

SM | Jakarta—Ada yang spesial di acara Subuh Keliling (Suling) Polda Metro Jaya yang dilaksanakan …

Translate »