Foto acehprov

Pemda Aceh Tengah akan Umrahkan Penghafal Al-Quran

BANDA ACEH (SM)— Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah pada tahun 2016 akan memberangkatkan ibadah umrah gratis kepada 30 orang yang memiliki kemampuan membaca dan menghafal Al Quran.

“Mereka yang akan mendapat tiket umrah gratis dari Pemkab merupakan para pemenang yang mampu membaca dan menghafal Al Quran,” kata Bupati Aceh Tengah, H Nasaruddin di Takengon, seperti dikutip Antaranews Selasa (3/5)..

Ia menjelaskan sebanyak 30 orang yang akan mendapat paket umrah gratis tersebut merupakan mereka yang memiliki kemampuan dalam membaca dan menghafal Al Quran dari sejumlah klasifikasi. Sejak tahun 2015, Pemkab Aceh Tengah sudah memfasilitasi umroh bagi pemenang MTQ keluarga dan penghafal Al Quran kategori dewasa dan remaja

“Tahun Lalu pemenangnya keluarga Hanifuddin, ada lima orang satu keluarga, bahkan ada anak yang masih berusia 2,5 tahun juga dibawa serta,” katanya.

Menurut dia, pada tahun 2016, jumlah pemenang MTQ keluarga dan kategori penilaian akan ditambah, selain MTQ keluarga dan penghafal Quran, kemampuan Reje (Kepala Kampung) dan Imam kampung dalam membaca Al Quran masing-masing bersama istri juga akan diuji

“Tahun ini kita akan ambil tiga keluarga terbaik, kemudian penghafal Al Quran kategori dewasa dan remaja masing-masing putra dan putri, ditambah Reje dan Imam kampung masing-masing bersama istri, jadi bisa-bisa yang akan berangkat umroh tahun ini mencapai 30 orang,” katanya.

Pelaksanaan MTQ keluarga, bagi imam kampung dan Kepala Kampung merupakan gebrakan Bupati Aceh Tengah untuk memotivasi masyarakat agar dekat dan senantiasa mengamalkan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.

“Keluarga, Reje dan Imam yang mampu membaca Al Quran dengan baik, maupun para penghafal merupakan orang-orang pilihan yang diharapkan jadi panutan untuk membumikan Al Quran ditengah-tengah masyarakat,” ungkapnya.

Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Tengah, Alam Suhada mengatakan proses MTQ keluarga, Reje dan Imam kampung saat ini sedang berjalan di tingkat kecamatan “Seleksi tingkat kecamatan sedang berlangsung dan diharapkan selesai pertengahan bulan Mei ini, karena direncanakan akhir bulan Mei nanti akan dilaksanakan MTQ keluarga, Reje dan Imam tingkat Kabupaten,” katanya. [FR]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Wali Kota Bogor Tinjau Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor

SUARA MASJID | Bogor–Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau kemajuan pembangunan Masjid Agung dan …

Suling

Pangdam Jaya Apresiasi Program Subuh Keliling PMJ di Masjid Cut Meutia

SM | Jakarta—Ada yang spesial di acara Subuh Keliling (Suling) Polda Metro Jaya yang dilaksanakan …

Translate »