Pasca Insiden, Muslim Tolikara Makmurkan Masjid

masjid tolikaraUmat muslim di Kabupaten Tolikara, Papua kini bisa menjalankan ibadah dengan tenang. Pasca insiden pembakaran Masjid Baitul Muttaqin yang bertepatan pada hari raya Idul Fitri bulan Juli (17/07/2015), pemerintah bersama anggota TNI, kaum Muslimin dan warga Tolikara kembali membangun masjid baru dengan ukuran yang lebih besar dengan luas 120 meter persegi bernama Mushalla Khoirul Ummah.

Seperti diketahui, warga Papua lebih suka menyebut mushola, bukan masjid. Masjid yang berlokasi di lahan Markas Koramil 1702-11 Karubaga, Ibu Kota Tolikara, itu terlihat lebih indah dengan kubah berwarna biru serta cat dinding hijau dan lantai keramik putih. Masjid yang dibangun secara gotong royong ini dilengkapi beberapa kamar pengurus masjid, area wudhu dan alat pengeras suara yang dapat dipergunakan dengan volume disesuaikan dengan lokasi serta jumlah jamaah. Selain untuk kegiatan shalat fardhu, masjid ini juga menjadi pusat kegiatan shalat Jum’at dan syiar Islam di wilayah Tolikara.

Imam Masjid Ustadz Ali Mukhtar mengatakan, saat ini hubugan warga secara jasmani sudah semakin baik, termasuk kaum Muslimin dengan tokoh-tokoh Tolikara dan GIDI. Ia berharap insiden kekerasan yang sempat memanas di Tolikara tidak berlarut-larut sehingga sesama umat bisa menjalankan ibadah sesuai agama masing-masing.  “Bagi saudara-saudaraku yang berada di Pulau Sulawesi dan Jawa mari kembali ke Tolikara. Mari kita bangun kembali dakwah di Tolikara,” ajaknya.

Kunci berdakwah harus mengacu pada ajaran dakwah yang tertuang dalam Surah An-Nah Ayat 125 yang artinya ; “Serulah manusia kepada jalan tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk,” tuturnya.

Masjid Khoirul Ummah ini diresmikan oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa pada (23/09/2015). Nama Khoirul Ummah  disematkan dengan harapan dari sinilah akan lahir umat terbaik yang selalu mengajak kepada kebaikan dan mencegah keburukan. Pengurus masjid sudah mulai menyiapkan beberapa program bagi kaum Muslimin di Tolikara diantaranya program pendidikan, kesehatan dan dakwah. [ach]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Wali Kota Bogor Tinjau Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor

SUARA MASJID | Bogor–Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau kemajuan pembangunan Masjid Agung dan …

Suling

Pangdam Jaya Apresiasi Program Subuh Keliling PMJ di Masjid Cut Meutia

SM | Jakarta—Ada yang spesial di acara Subuh Keliling (Suling) Polda Metro Jaya yang dilaksanakan …

Translate »