Natuna Sajikan ‘Taj Mahal’ ala Indonesia

NATUNA, SM–Selain wisata alam, Pulau Bunguran juga punya tempat wisat religi, yaitu Masjid Agung Natuna. Yang menarik, arsitekturnya sangat megah dan indah. Lanskap tempat ibadah umat muslim yang berada persis di kaki Gunung Ranai ini juga makin menambah keindahan Masjid Agung Natuna.

Proses pembangunan Masjid Agung Natuna direncanakan sejak tanggal 13 Agustus 2006, sejak Bupati Kabupaten Natuna masih dipegang Daeng Rusnadi. Setelah melalui proses perencanaan yang disesuaikan dengan arti filosofi dari pembangunan Masjid Raya dan Komplek Gerbang Utaraku, proses pembangunan fisik dimulai dengan peletakan batu pertama pada 4 Mei 2007.

Berada di titik pusat Kompleks Natuna Gerbang Utaraku (NGU), tak butuh waktu lama untuk sampai ke lokasi ini. Dari bandara Lanud Ranai hanya butuh waktu sekitar 15 menit dengan kendaraan. Lokasinya berada di Jalan Datuk Kaya Wan Muhamad Benteng arah dari Ranai menuju ke Pantai Sepempang.

Namun kendati di bangun dengan megah, mesjid ini jarang sekali terisi penuh saat kegiatan keagamaan karena kapasitasnya sangat besar. Bahkan saat momen salat Idul Fitri sekalipun.

Ornamen pintu Masjid Raya Natuna mengambil inspirasi dari Al’quran. Kubahnya mirip kubah Taj Mahal di India. Makna dekoratif yang muncul dari bangunan masjid ini memperlihatkan bahwa gedung tersebut adalah bangunan Islami. Masjid Raya Natuna memiliki ruang dalam yang sangat luas.

Dari data yang dirilis Wikipedia, bagian tengahnya diterangi oleh cahaya alami yang bersumber dari kubah masjid. Bagian tepi pada lantai satu yang terteduhi lantai dua cukup gelap. Untuk meneranginya dibuat bukaan berupa karawang yang terletak di atas pintu masuk yang memilliki dimensi cukup besar. Ruangan pada bagian ini diterangi oleh sedikit cahaya dari atas layaknya ruang-ruang gotik. Dari segi bentuk, pintu masuk ini memiliki geometrika lengkung yang bagian atasnya lancip.

Dua pintu utama yang terletak di sisi kiri dan kanan gedung menghadap ke kiblat, nampak mengarahkan nuansa ruang itu menjadi terfokus pada sumber yang seakan nampak ibaratkan cahaya Ilahi.

Jadi bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai di Natuna, ada baiknya singgah di Masjid Raya Natuna untuk menghadap Ilah Rabbi, agar lebih dekat kepada Allah SWT. [FR]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Inilah Lima Masjid Tertua di Indonesia

SUARA MASJID | Indonesia dengan mayoritas penduduknya beragama Islam memiliki khazanah keislaman yang tersebar di …

Masjid Istiqlal Tiadakan Shalat Taraweh Berjamaah

SM | Jakarta–Ramadhan tahun ini, Masjid Istiqlal tidak mengadakan shalat tarawih berjamaah dan aktivitas keagamaan …

Translate »