ilustrasi

Muslim Tionghoa akan Bangun Masjid di Padang

PADANG, (SM)–Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Sumatera Barat (Sumbar) berencana akan membangun masjid dengan rancangan unik di Kota Padang dalam rangka mendukung program pemerintah setempat membentuk kota religius.

“Dibentuk dengan rancangan unik dan menarik agar dapat pula lebih menarik generasi muda untuk menyemarakan masjid,” kata Ketua PITI Sumbar Muslim Nur di Padang, seperti diunggah antaranews (16/6).

Ia mengatakan pembangunan itu direncanakan di kawasan Kampung Pondok yang sekaligus untuk mengembangkan pariwisata Kota Padang, terutama menarik wisatawan muslim dari luar daerah itu.

Namun, ia menyampaikan pembangunan masjid itu masih terkendala permasalahan tempat. “Kami telah berkoordinasi dengan Lurah Kampung Pondok, Kecamatan Padang Selatan dan lurah menanggapi baik perencanaan PITI itu,” katanya.

Menurutnya, koordinasi secara lisan telah dilakukan pula dengan pihak pemerintah kota yang menerangkan untuk segi bangunan dirancang dengan kebutuhan tanah minimal 500 meter.

Terkait sumber dana pembangunan masjid, ia menjelaskan dananya murni berasal dari hasil sumbangan keluarga Persatuan Islam Tionghoa se-Sumbar dan tidak ada sumber dana lain.

Sementara terkait pemilihan lokasi di Kampung Pondok, ia mengatakan hal itu disebabkan tidak ada masjid di lokasi itu.

“Kampung Pondok adalah kelurahan satu-satunya di Kota Padang yang tidak memiliki masjid sendiri,” ujarnya.

Sementara Lurah Kampung Pondok, Farid Irwan Maulana membenarkan adanya rencana pembangunan masjid di kelurahan itu dan ia sangat mendukung niat baik Persatuan Islam Tionghoa itu.

“Saya sudah bertemu dengan Muslim Nur dan mendengar maksud serta tujuannya. Idenya bagus dan kami senang dengan program itu,” ujarnya. [FR]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Wali Kota Bogor Tinjau Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor

SUARA MASJID | Bogor–Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau kemajuan pembangunan Masjid Agung dan …

Suling

Pangdam Jaya Apresiasi Program Subuh Keliling PMJ di Masjid Cut Meutia

SM | Jakarta—Ada yang spesial di acara Subuh Keliling (Suling) Polda Metro Jaya yang dilaksanakan …

Translate »