MUI Imbau Shalat Ghaib untuk Korban Virus Corona

SM| Jakarta–Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat melalui Komisi Fatwa mengimbau agar umat Islam melakukan shalat ghaib dan berdoa untuk korban COVID-19 yang meninggal dunia.

“Shalat ghaib bisa dilaksanakan di rumah masing-masing, baik berjamaah maupun sendiri-sendiri,” ungkap Sekretaris Komisi Fatwa MUI Pusat HM Asrorun Ni’am Sholeh dalam keterangan tertulisnya, Ahad (22/03/2020).

Selain itu, MUI juga mengimbau umat Islam untuk melakukan qunut nazilah di setiap shalat fardhu agar terhindar dari wabah dan berdoa agar wabah segera sirna.

Untuk pengurusan jenazah (tajhiz al-janaiz) COVID-19, Niam mengingatkan agar dilakukan dengan mengikuti ketentuan Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020.

“Pengurusan jenazah (tajhiz al-janaiz) terpapar COVID-19, terutama dalam memandikan dan mengkafani harus dilakukan sesuai protokol medis dan dilakukan oleh pihak yang berwenang, dengan tetap memperhatikan ketentuan syariat. Sedangkan untuk menshalatkan dan menguburkannya dilakukan sebagaimana biasa dengan tetap menjaga agar tidak terpapar COVID-19,” kata Niam mengutip salah satu poin dalam Ketentuan Hukum Fatwa MUI yang dikeluarkan pada 16 Maret 2020 lalu itu.

Sebagai informasi, per Ahad tanggal 22 Maret 2020, kasus positif COVID-19 di Indonesia bertambah 64 kasus menjadi 514 kasus dengan angka kematian bertambah 10 orang menjadi 48 orang. [nk]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Inilah Caranya Mendaftar ke Pondok Gontor secara Online

SM | Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini, Pondok Modern Darussalam Gontor melaksanakan penerimaan santri baru secara online. …

Masjid Nurul Huda, Saksi Sejarah Islam di Bali

SM | Pulau Dewata yang penduduk mayoritasnya beragama Hindu ternyata menyimpan khazanah Islam. Adalah sebuah …

Translate »