Menjaga Situs Masjid Raya Senapelan di Kota Tua Pekanbaru

PEKANBARU, SM—Masjid Raya Senapelan merupakan situs cagar budaya yang ada di wilayah Riau, namun kondisinya cukup memprihatinkan karena tidak terawat dan rusak.

Anggota Komisi E DPRD Provinsi Riau Ade Hartati menilai, rusaknya Masjid Raya Senapelan merupakan kecolongan terbesar baik oleh pihaknya maupun pemerintah kota dan provinsi.

“Ini merupakan pukulan telak bagi kita, bahwa situs Masjid Raya Senapelan yang berada di kawasan kota tua Pekanbaru sudah rusak berat,” ujarnya seperti dikutip tribunnews (7/4).

Ia menyebut, Pemprov Riau harus melakukan inventarisasi terhadap seluruh aset situs cagar budaya yang ada di seluruh wilayah. “Segera dibuat master plan terhadap cagar budaya pariwisata. Jangan sampai, hal seperti ini kecolongan lagi,” kata Ade.

Ade juga menyayangkan adanya pembahasan mengenai pencabutan status Masjid Raya Senapelan sebagai cagar budaya.

“Amat disayangkan sekali, jika pencabutan tersebut betul terjadi. Karena, Masjid Raya Senapelan berada di kawasan yang terdiri dari makam para raja dan sumur tua yang menjadi satu kesatuan,” tegasnya.

Hingga hearing berakhir, belum ada keputusan apapun yang bisa diambil dari pertemuan itu. Direncanakan, pertemuan serupa akan dilakukan kembali di waktu mendatang setelah ada kajian lebih lanjut dengan memanggil ahli waris kerajaan dan pengurus Masjid Raya Senapelan.[FR]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Wali Kota Bogor Tinjau Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor

SUARA MASJID | Bogor–Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau kemajuan pembangunan Masjid Agung dan …

Suling

Pangdam Jaya Apresiasi Program Subuh Keliling PMJ di Masjid Cut Meutia

SM | Jakarta—Ada yang spesial di acara Subuh Keliling (Suling) Polda Metro Jaya yang dilaksanakan …

Translate »