Mengembalikan Peran Masjid sebagai Pusat Dakwah

stiba

Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar bersama Dewan Pimpinan Pusat Wahdah Islamiyah menyelenggarakan acara Tabligh Akbar bertajuk Mengembalikan Peran Masjid sebagai Pusat Dakwah dan Madrasah Iman pada Ahad, 29 November 2015 lalu.

Tabligh Akbar yang dirangkai dengan penggalangan dana perampungan pembangunan Masjid Kampus STIBA Makassar, Masjid Anas bin Malik ini menghadirkan Ustadz DR. Muhammad Zaitun Rasmin, Lc., MA selaku Ketua Umum DPP Wahdah Islamiyah serta dihadiri oleh Walikota Makassar, Ir. H. M. Ramdhan Pomanto.

Ketua STIBA Makassar, Ustadz Muhammad Yusran Anshar, Lc., MA dalam sambutannya memaparkan sejarah awal STIBA Makassar berdiri, yakni dari sudut Masjid Wihdatul Ummah di salah satu lorong di jalan Abdullah Daeng Sirua Makassar. Pada awal berpindahnya kampus STIBA Makassar di Kecamatan Manggala, pada waktu itu belum ada masjid dan sementara menggunakan kantin sebagai mushala.

Pada tahun 2003 dibangun masjid al Ihsan, masjid kampus STIBA Makassar pertama, atas bantuan para muhsinin. Setelah 11 tahun, masjid al Ihsan tidak lagi mampu menampung jamaah bersamaan dengan pertambahan jumlah mahasiswa yang cukup signifikan. Sehingga diputuskan untuk memperluas bangunan masjid kampus STIBA Makassar.

Ketua STIBA Makassar juga menyampaikan bahwa selama ini masjid kampus STIBA setiap harinya hampir tidak pernah sepi dari aktivitas amal shalih para mahasiswa, baik shalat fardhu berjamaah, shalat-shalat sunnah, zikir, taklim, membaca al-Qur’an & menghafalnya, belajar serta murajaah pelajaran dan hafalan.

“Jika akhir-akhir ini beberapa kampus menggalakkan gerakan subuh berjamaah di masjid-masjid kampus mereka, Alhamdulillah di STIBA Makassar hal tersebut sudah berjalan sejak dulu, bahkan tak hanya shalat Subuh, tapi seluruh waktu shalat,” katanya.

Masjid yang sekarang bernama Masjid Anas bin Malik ini menjadi wadah kajian ilmu keislaman di kampus STIBA Makassar. Tidak kurang dari satu tahun, masjid ini sudah berdiri dengan kondisi yang melebihi harapan awal yang pada mulanya hanya sedikit perluasan. [fathur-stiba]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Wali Kota Bogor Tinjau Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor

SUARA MASJID | Bogor–Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau kemajuan pembangunan Masjid Agung dan …

Suling

Pangdam Jaya Apresiasi Program Subuh Keliling PMJ di Masjid Cut Meutia

SM | Jakarta—Ada yang spesial di acara Subuh Keliling (Suling) Polda Metro Jaya yang dilaksanakan …

Translate »