Menag, Tugas Dai Kedepan Kian Berat

BEKASI, SM–Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin merasa bersyukur kepada para dai karena telah ikut membantu misi pemerintah dalam hal ini Kemenag dalam meningkatkan kualitas kehidupan keagamaan di Indonesia.

“Apa yang mereka (dai-ed) lakukan di seluruh daerah dan pelosok di Indonesia, pada hakikatnya adalah ikut mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pendidikan agama,” kata Menag dalam sambutan Munas Ikadi ke-2 di Bekasi, Jumat (12/2).

Menurut Menag,  fenomena sosial keagamaan  belakangan ini mengusik keprihatinan bangsa Indonesia seiring munculnya  faham keagamaan yang berbeda dengan ajaran ulama-ulama terdahulu. Banyak yang mengatasnamakan Islam, namun esensinya bertolak belakang dengan ajara Islam. “Islam tiba-tiba penuh dengan kekerasan, menoleransi pertumpahan darah antarsesama, hanya karena hal-hal atau perbedaan yang kurang prinsipil,” katanya.

Selain bertentangan dengan Islam, menurut Lukman, kelompok-kelompok yang kerap mengaku Islam tersebut  juga telah menabrak ideologi negara. “Ini yang perlu kita cermati bersama,” ujarnya.

Menag menilai tugas dai akan semakin berat ke depan.  Dalam tugas dakwahnya, para dai juga dituntut mampu mengajarkan nilai-nilai kebangsaan kepada masyarakat. “Tantangan orang-orang pilihan yang terpanggil untuk menyiarkan kebajikan, tentu tidak akan mudah, baik dalam hal strategi maupun media,” tuturnya.

Tantangan yang dihadapi para dai tidaklah mudah. Apalagi ditambah dengan banyaknya fenomena yang terus menguras waktu dan energi umat. Seperti kasus penistaan lafadz Allah. Juga munculnya buku-buku ajaran agama yang mengandung muatan yang tidak semestinya ada di situ.

“Saya khawatir, jangan-jangan memang ada skenario untuk tidak hanya menyibukkan umat, tapi juga membenturkan antar umat beragama ini,” ungkapnya. [FR]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Wali Kota Bogor Tinjau Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor

SUARA MASJID | Bogor–Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau kemajuan pembangunan Masjid Agung dan …

Suling

Pangdam Jaya Apresiasi Program Subuh Keliling PMJ di Masjid Cut Meutia

SM | Jakarta—Ada yang spesial di acara Subuh Keliling (Suling) Polda Metro Jaya yang dilaksanakan …

Translate »