Foto merdeka

Menag: Layanan Haji Harus Terus Ditingkatkan

JAKARTA (SM)-Pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan pada penyelengaraan ibadah haji 1437H/2016M sehingga jamaah haji Indonesia mendapatkan layanan terbaik.

“Kualitas pelayanan haji sudah baik, ini akan kita pertahankan, justru akan kita tingkatkan, dan kami akan terus lakukan perbaikan,” demikian penegasan Menag Lukman Hakim Saifuddin saat memberikan keterangan pers usai mengikuti Rapat Koodinasi Persiapan Penyelenggaran Haji tahun 1437H/2016M di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (18/05).

Disinggung soal penurun biaya haji, Menag menjelaskan bahwa itu disebabkan adanya penururan harga avtur pesawat udara. Selain itu, penurunan juga karena adanya efisiensi dana haji di banyak pos pembiayaan. Menag mencontohkan efisiensi biaya hotel di Makkah, tahun lalu sekitar 4.500 Riyal, sedang tahun ini hanya sebesar 4.366 Riyal.

“Ini sekedar contoh saja. Save garding tahun lalu Rp100 miliar, tahun ini RP40 miliar. Ini contoh-contoh kenapa kita bisa menekan biaya haji sehingga harga bisa kita efisiensikan,” jelas Menag.

Menag memastikan, penuruan biaya haji, bukan berarti penurunan kualitas layanan. Menurutnya, pelayanan jamaah haji Indonesia justru terus ditingkatkan. Kalau tahun lalu  makan di Makkah  hanya sekali, tahun ini jamaah akan mendapat makan sebanyak 2 kali sehari.

Jamaah juga menginap di hotel sekelas bintang tiga, dan bis untuk mengangkut jamaah haji juga sudah di-upgrade. “Ini kita lakukan agar kualitas pelayanan haji semakin baik,” tegas Menag.

Sebagaimana sebelumnya, kuota haji Indonesia tahun ini sebanyak 168.800 jamaah,  terdiri dari 155.200 jamaah haji reguler dan 13.600 jamaah haji khusus. Kloter pertama jamaah haji Indonesia dijadwalkan akan berangkat  pada 9 Agustus 2016 mendatang. [FR]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Wali Kota Bogor Tinjau Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor

SUARA MASJID | Bogor–Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau kemajuan pembangunan Masjid Agung dan …

Suling

Pangdam Jaya Apresiasi Program Subuh Keliling PMJ di Masjid Cut Meutia

SM | Jakarta—Ada yang spesial di acara Subuh Keliling (Suling) Polda Metro Jaya yang dilaksanakan …

Translate »