Memburu Lailatul Qadr, Masjid Al-Akbar Surabaya Ramai Jamaah

SURABAYA (SM)–Dalam pantauan pihak Takmir Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, setidaknya ada 20 ribu jamaah yang memadati masjid kebanggan di Jawa Timur ini. Mereka antusias mengikuti qiyamul lail sekaligus berharap bertemu malam seribu bulan, lailatul qadar.

“Kami perkirakan ada sekitar dua puluh ribu jamaah yang melakukan i’tikaf di masjid ini dini hari tadi,” kata H Helmy M Noor, Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) Sabtu (2/7) pagi. Ia menjelaskan masyarakat Surabaya dan sekitarnya memanfaatkan malam 27 Ramadhan untuk bermunajat secara berjamaah.

Yang juga membanggakan, pada kegiatan qiyamul laili dalam rangka menyambut malam ke 27 Ramadhan tersebut ada jamaah yang memberikan menu sahur. “Ada yang berkenan bersedekah sebanyak tujuh ribu paket sahur dan selanjutnya disalurkan kepada jamaah yang hadir,” kata alumnus Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang ini.

Kegiatan qiyamul laili yang dimulai sejak pukul 01.00 hingga 03.00 wib tersebut selalu diselenggarakan masjid ini kala memasuki 10 akhir Ramadhan. “Jamaah kian bertambah seperti dini hari tadi yang memang memasuki malam ke 27 Ramadhan dan diyakini turunnya malam qadar,” terangnya dikutip nu.or.id.

Helmy mengatakan antusias jamaah untuk mengikuti kegiatan tersebut sebagai bukti bahwa ada rasa kehilangan yang sangat dalam saat Ramadhan akan segera berakhir. “Jamaah seakan tidak ingin berpisah dengan Ramadhan,” ungkapnya.

Euforia piala Eropa yang berbarengan dengan kegiatan qiyamul laili tersebut tidak mengendorkan semangat jamaah untuk tetap beribadah. “Godaan piala Eropa yang juga memasuki babak semi final ternyata tidak mengurangi antusias kaum muslimin,” paparnya. [FR]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Wali Kota Bogor Tinjau Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor

SUARA MASJID | Bogor–Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau kemajuan pembangunan Masjid Agung dan …

Suling

Pangdam Jaya Apresiasi Program Subuh Keliling PMJ di Masjid Cut Meutia

SM | Jakarta—Ada yang spesial di acara Subuh Keliling (Suling) Polda Metro Jaya yang dilaksanakan …

Translate »