Masjid Rintisan WMI di Sulteng Mulai Dibangun

SUARAMASJID | Palu, Program Masjid Rintisan diinisiasi oleh Wahana Muda Indonesia (WMI) Care mulai berjalan.

Program pembangunan masjid kembali ini didukung oleh jaringan kerja “Bersatu untuk Palu dan Donggala” yakni Notaris Muslim Indonesia (NMI), Kajian Muslimah untuk Kemaslahatan Islam (KMKI), Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII), dan donasi terbuka dari berbagai pihak.

WMI memberikan dana bantuan awal kepada masjid Al Hidayah pada Rabu lalu (17/10/2018) di dusun II desa Salua Kec. Kulawi, Kab. Sigi. Bantuan uang pembangunan secara simbolik diberikan oleh Ketua Umum WMI, Handriansyah kepada takmir masjid Ustadz Daiman.

“Perkiraan budget menghabiskan Rp. 50 Juta. Mohon doa dan support dari sahabat semua,” katanya.

Menurut Handriansyah, masjid Al-Hidayah akan dibangun permanen dengan menggunakan pondasi cakar ayam, tiang beserta selup cor menggunakan besi ulir sebagai besi utama dan rangka atap menggunakan baja ringan dengan atap spandek.

“Dinding bata sekiling setinggi 1 meter, sedangkan di bagian mihrab akan ditutup full dengan menggunakan Garcybox,”jelasnya.

Selain membangun kembali masjid secara fisik, WMI akan melakukan pendampingan ruhani dengan menempatkan dai-dai dari lembaga dakwah yang bekerjasama dengan WMI di tiap masjid tersebut.

“Kita ingin masjid dibina, sehingga masjid bisa makmur dan dakwah berjalan,”ungkapnya.

Diantara masjid yang sudah diberikan donasi pembangunan adalah Masjid Al Hidayah di dusun II desa Salua Kec. Kulawi, Kab. Sigi, masjid Al Aswa di desa Lolu, Kec. Biromaru, kab. Sigi, dan masjid Al Falah desa Lolu, kec. Biromaru, kab. Sigi.

WMI juga memberikan sejumlah bantuan bagi desa di sekeliling masjid. Bantuan berupa beras sekira 20 karung, telur, susu kental dan bubuk, minyak goreng, dan lain lain.

“Relawan juga kami tempatkan di tiap masjid binaan untuk memantau kebutuhan korban bencana di sana,”pungkas Handriansyah.

Sementara pada Kamis (18/10/2018), WMI sempat memberikan bantuan puluhan karung beras, paket sembako, dan air minum ke tempat pengungsian di Labuan Bajo, Donggala. []

Komentar

About Muaz

Check Also

Wali Kota Bogor Tinjau Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor

SUARA MASJID | Bogor–Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau kemajuan pembangunan Masjid Agung dan …

Suling

Pangdam Jaya Apresiasi Program Subuh Keliling PMJ di Masjid Cut Meutia

SM | Jakarta—Ada yang spesial di acara Subuh Keliling (Suling) Polda Metro Jaya yang dilaksanakan …

Translate »