Masjid Paripurna Siap Berdayakan Umat

paripurna.1 paripurna

PEKANBARU-SM. Masjid Paripurna bukan saja untuk beribadah semata tetapi dapat digunakan berbagai kegiatan demi kemaslahatan umat seperti kegiatan sosial, ekonomi, budaya dan keagamaan.

Begitulah ungkapan Asisten IV Setda Kota Pekanbaru Bidang Kesejahteraan Rakyat Ir. H. Sentot Djoko Prayitno MM saat menjadi nara sumber pada acara Sosialisasi Manajemen Masjid Paripurna di Pekanbaru, sebagaimana dilansir riaukepri.com (28/12).

Sentot menjelaskan untuk menuju Kota Metropolitan yang Madani perlu dilakukan sosialisasi falsafah kerja sebagai pedoman dalam menjalankan tugas yang merangkum dalam trilogi pembangunan yakni dimensi akhlak, dimensi kualitas dan dimensi karakter.

“Masjid paripurna juga dapat menciptakan masyarakat berkualitas yang sehat jasmani, rohani, mandiri, tangguh dan berdaya saing menuju Pekanbaru sebagai Kota Metropolitan yang madani” ungkapnya.

Sementara itu Kadis Koperasi dan UKM Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut menjelaskan kehadiran masjid paripurna sangat erat hubungannya dengan koperasi karena kedepannya setiap masjid paripurna akan mendirikan koperasi, yang anggotanya berasal dari jamaah masjid setempat  guna memberdayarakan masyarakat Kota Pekanbaru dengan tujuan untuk mendorong setiap kegiatan yang berbasis masjid.

“Saat ini sudah ada 924 koperasi di Kota Pekanbaru sedangkan yang masih aktif berjumlah 369 dan selebihnya akan dibubarkan karena dikategorikan tidak sehat atau tidak aktif,” katanya.

Kabag Kesra Setda Kota Pekanbaru Rizal M. Ag menerangkan sosialisasi manajemen masjid paripurna yang berlangsung selama 3 hari ini dibuka Sekda Kota Pekanbaru H.M. Syuki Harto, M,Si dan dihadiri sekitar 187 peserta yang terdiri dari 58 kelurahan dan 12 masjid paripurna.

“Mesjid Paripurna ini nantinya juga akan dapat difungsikan berbagai kegiatan yakni sebagai penggerak ekonomi masyarakat, peradaban akhlak anak muda, tausiah dan magrib mengaji guna membangun peradaban umat melalui masjid,” jelasnya. [FR]

Berikut 12 Masjid Paripurna yang ada di Pekanbaru;

  1. Masjid Nurussalam alamat jalan Taman Sari kecamatan bukit raya.
    2. Masjid Nurul Ibadah jalan Indrapuri Rejosari kecamatan Tenayan Raya.
    3. Masjid Al-kautsar Jalan Nangka RT 06 RW19 kecamatan Marpoyan Damai.
    4. Masjid Mu’amalah jalan Dahlia Gang jati kecamatan sukajadi.
    5. Masjid Nurul Islam Jalan Kulim Kampung Baru Kecamatan Senapelan.
    6. Masjid Al Fallah jalan Sumatera kecamatan Pekanbaru kota.
    7. Masjid Al Mukhlisin Jalan Dr Sutomo kecamatan Sail.
    8. Masjid Abidin Jalan Dr Sutomo kecamatan Lima puluh.
    9. Masjid Al Muttaqin jalan Tuah Karya kecamatan Tampan.
    10. Masjid Al Mujahidin Jalan Jendral Kecamatan Payung Sekaki.
    11. Masjid Istiqomah jalan Sembilang kecamatan Rumbai pesisir.
    12. Masjid Al Muhajirin Jalan uumban Sari kecamatan Rumbai.

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

BWA Ajak Masyarakat Kembangkan EcoWakaf

Jakarta (SM) –Badan Wakaf Alquran (BWA) mempelopori inovasi wakaf dengan mengkampanyekan hakikat wakaf menggunakan kekuatan …

Kemenag Terbitkan Panduan Ibadah Ramadhan saat Wabah Covid

SM| Jakarta–Kementerian Agama RI pada Senin (6/4) menerbitkan edaran Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri …

Translate »