Foto tribunnews

Masjid Kantor Bupati Kubu Raya Diberi Nama Masjid Bir Ali

KUBU RAYA (SM)–Pembangunan masjid Kantor Bupati Kubu Raya terus dikebut, targetnya rampung sebelum pelaksanaan MTQ XXIX tingkat provinsi dimulai.

Nama masjid pun sudah diberikan langsung Bupati Kubu RayaRusman Ali,  dengan nama Masjid Bir Ali, dimana nama ini terinspirasi dari sejarah dan keberadaan Masjid Bir Ali yang ada di kota Madinah.

“Saya namakan Masjid Bir Ali, karena terinspirasi dari Masjid Bir Ali di Mekkah yang menjadi tempat mensucikan diri para jamaah calon haji sebelum melanjutkan ibadah haji. Harapan saya masjid ini juga agar menjadi tempat mensucikan diri bagi setiap orang yang melaksanakan ibadah di dalamnya,” jelas Rusman Ali seperti diunggah tribunnews (18/5).

Rusman Ali menjelaskan bahwa Bir artinya sumur. Sebagai sumber air untuk mensucikan diri, dengan wudhu maupun untuk mandi. Sementara Ali merupakan asal kata dari Sayyidina Ali yang dahulu pada zaman Rasullah Sayidina Ali banyak menggali sumur untuk menyiapkan air untuk wudhu dan mandi mensucikan diri.

“Dari situ saya ingin memberikan pengertian bahwa setiap orang yang beribadah dan masuk kedalam masjid maupun surau adala orang-orang yang ingin mensucikan diri dengan beribadah kepada Allah SWT,” kata Bupati.

Seorang Pegawai Pemda Kubu Raya, Muhammad Ibazz mengungkapkan keberadaan Masjid Bir Ali akan menjadi pusat pelaksanaan ibadah bagi para pegawai. Sebab, Pemda memiliki ratusan pegawai yang bekerja setiap harinya.

“Masjid ini akan sangat bermanfaat sekali bagi setiap insan yang hendak melaksanakan ibadah, terutama bagi para PNS di jajaran Pemda Kubu Raya,” ungkapnya.

Menurutnya Masjid Bir Ali sangat representatif sebagai tempat ibadah. Berada di pinggir jalan Arteri A. Yani. Pemanfaatannya tidak hanya bagi pegawai Pemda Kubu Raya, melainkan bagi masyarakat umum lainnya.

“Kita harap masjid ini cepat rampung dan mampu menjadi tempat peribadatan bagi siapapun dalam melaksanakan ibadah dengan baik dan sempurna,” jelasnya. [FR]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Wali Kota Bogor Tinjau Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor

SUARA MASJID | Bogor–Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau kemajuan pembangunan Masjid Agung dan …

Suling

Pangdam Jaya Apresiasi Program Subuh Keliling PMJ di Masjid Cut Meutia

SM | Jakarta—Ada yang spesial di acara Subuh Keliling (Suling) Polda Metro Jaya yang dilaksanakan …

Translate »