Masjid di Nigeria Hancur oleh Bom Bunuh Diri

MAIDUGURI, SM– Teror bom mengguncang jamaah masjid di Maiduguri, Nigeria, Rabu (15/3).  Bom bunuh diri yang diduga melibatkan dua wanita  telah menewaskan 22 jamaah yang ada di dalam dan di luar masjid yang terletak di sebelah timur laut kota Maiduguri.

Pihak keamanan Nigeria mengatakan bahwa dalam serangan bom tersebut telah menewaskan sedikitnya 24 jamaah sebuah masjid. Serangan itu terjadi di pinggiran sebelah timur laut kota Maiduguri (tempat kelahiran kelompok bersenjata Boko Haram). Abdul Mohammed, Badan Manajemen Darurat Negara, mengatakan kepada The Associated Press bahwa korban luka dalam ledakan Rabu pagi mencapai 17 orang.

Abba Aji, selaku koordinator Civilian Self-Defence Vigilante Group, mengatakan bahwa salah seorang pelaku telah meledakkan bom di dalam masjid. Sedangkan pelaku kedua meledakan bom di luar masjid karena para jamaah yang selamat tengah mencoba untuk menyelamatkan diri. Aji kembali menambahkan bahwa masjid tersebut terletak di pinggiran Kota Umarari yang kini telah menjadi pusat komando pasukan militer Nigeria untuk memerangi Boko Haram.

Belakangan ini, kelompok Boko Haram kerap melakukan aksi serangan bom ke markas-markas militer yang ingin menyerang mereka. Serangan tersebut terjadi menyusul aksi para militer Nigeria yang memaksa mereka untuk keluar dari daerah teritorial yang selama ini telah dikuasai Boko Haram.

Sejauh ini diperkirakan sekitar 20.000 orang telah tewas dan sekitar 2,3 juta pengungsi telah banyak menjadi korban kekerasan sejak tahun 2009 lalu. Dalam aksinya, Boko Haram telah menjadikan anak-anak sebagai target kejahatan mereka. Kasus yang terkuak menunjukkan bahwa para korban banyak yang mengalami pelecehan seksual, kawin paksa, dan juga penculikan. [FR]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Wali Kota Bogor Tinjau Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor

SUARA MASJID | Bogor–Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau kemajuan pembangunan Masjid Agung dan …

Suling

Pangdam Jaya Apresiasi Program Subuh Keliling PMJ di Masjid Cut Meutia

SM | Jakarta—Ada yang spesial di acara Subuh Keliling (Suling) Polda Metro Jaya yang dilaksanakan …

Translate »