Masjid Blok A Tanah Abang Menyeru Pedagang Shalat

Letak masjid sebagian besar pusat perbelanjaan di Jakarta kurang representatif. Tapi tidak untuk pusat perbelanjaan yang ada di Blok A Tanah Abang. Masjid megah berdiri di pucuk gedung, dengan kegiatan para jamaahnya yang mayoritas pedagang dan pembeli.

JAKARTA-SM. Masjid Blok A Tanah Abang terbilang istimewa. Masjid ini terletak di lantai paling atas di pusat perbelanjaan grosir terbesar di Indonesia. Padahal, selama ini, kebanyakan masjid yang ada di pusat perbelanjaan kerap diletakkan pada posisi yang kurang nyaman, seperti di basement atau lorong-lorong yang terkesan kumuh. Bahkan tidak jarang masjid nempel dengan toilet.

Tata letak dan desain Masjid Blok A Tanah Abang ini di desain secara unik, asri, indah, dan nyaman. Dengan begitu, jamaah yang datang ke masjid akan merasa nyaman dan menambah kekhusyukan ibadahnya. Faktanya, sebagian besar pembeli adalah umat Muslim, maka sudah sepantasnya jika pengelola gedung memperhatikan kebutuhan konsumen untuk melaksanakan ibadah dengan nyaman.

Para pedagang yang berada di basement pun tak perlu khawatir akan ketinggalan shalat berjamaah. Sebab, kumandang adzan senantiasa berseru pada saat yang tepat datangnya shalat lima waktu, bahkan pengeras suara adzan terdengar di setiap lantai gedung, mulai dari basement hingga lantai 14.

Tata letak masjid di Blok A Tanah Abang bisa menjadi model pengembangan pusat perbelanjaan lainnya. Sebab, dengan menyediakan tempat ibadah yang representatif akan dapat meningkatkan citra tempat perbelanjaan tersebut. Dengan demikian, besar kemungkinan pengunjung akan kembali berbelanja di tempat tersebut.

tanah abang-2Masjid Blok A Tanah Abang ini bisa diibaratkan dua sayap yang sinergis. Sayap pertama menggambarkan hubungan manusia dengan manusia. Hal itu diwakili oleh aktivitas Pasar Tanah Abang. Sepeti diketahui, Pasar Blok A Tanah Abang merupakan pasar tekstil terbesar di Asia Tenggara.

Sayap kedua, adanya hubungan antar manusia dengan Sang Khalik. Simbolisasi itu tercermin dalam bentuk masjid yang merupakan pusat ibadah umat Muslim. Interaksi antara aktivitas duniawi dan ukhrowi itu ternyata dapat disatukan dalam symbol Masjid Blok A Pasar Tanah Abang.

Seperti halnya masjid besar yang lain, Masjid Blok A Tanah Abang ini juga memiliki Dewan Kemakmuran Masjid (DKM). Melalui DKM inilah, seluruh kegiatan yang ada di masjid ini terprogram dengan baik.

Kegiatan rutin yang diterapkan Masjid Blok A Tanah Abang ini bergerak dibidang peribadatan, pendidikan, dan sosial masyarakat. Dari segi peribadatan, masjid ini melakukan kegiatan shalat Jumat dan pengajian rutin setiap Senin ba’da Dzuhur.

Pengajian rutin ini dikemas secara apik oleh DKM Blok A Tanah Abang. Hal ini terlihat dari pengisi materi dalam setiap pengajian, yaitu para ulama dan ustadz yang memiliki kedalaman kajian Islam secara baik.

Metode pengajian menggunakan penyampaian ceramah yang dibumbuhi dengan sesi tanya jawab, hal ini untuk memberikan kebebasan kepada jamaah untuk bertanya seputar materi yang diajarkan.

Durasi pengajian ini diberikan kurang lebih satu jam. Pengajian ini dikhususkan untuk kiat-kiat lebih dekat lagi dengan Allah dan Rasul-Nya. Pengajian yang telah berjalan cukup lama ini, telah mendapat tempat khusus di hati para jemaahnya.

Sementara dari segi pendidikan sosial, Masjid Blok A Tanah Abang memberikan suguhan berupa pendidikan pengajian al-Qur’an secara gratis yang diperuntukan untuk anak-anak di bawah umur yang tidak bisa membaca al-Qur’an dan tidak memiliki biaya untuk memperoleh pendidikan agama.

Masjid ini dari segi kegiatannya memang tidak terlalu banyak. Hal itu karena dari intensitas jamaah, mereka lebih banyak waktunya untuk berdagang, hanya ada 1 atau 2 item kegiatan saja yaitu berupa pengajian yang dilaksanakan setiap Senin dan pendidikan membaca al-Qur’an bagi jamaah.

Dalam hal ini tim pengurus ingin memberikan ruang bagi mereka yaitu para pelaku pasar untuk berdagang atau berbisnis dengan aman, nyaman, dan apik tetapi tetap fokus dengan pengajian rutin setiap Senin. Tak hanya sukses duniawi, tapi juga sukses untuk akhirat dengan belajar dan meraih pengetahuan islamiah secara efektif.

Masjid memiliki ornamen yang bagus, motif ornamen sedikit meniru budaya dari Timur Tengah dan Eropa. Terbukti dengan bentuk pilar-pilarnya yang persis dengan Masjid Madinah, dan tiangnya yang dibangun mirip dengan Istana Hamroh Cordova, Spanyol.

Kaca dan ornamen keramik serta mimbar berbentuk tinggi dan lancip di setting khusus bergaya Turki. Jadi, jika kita lihat Masjid Blok A Tanah Abang ini, selain menyatu dengan pasar, tapi juga memiliki perpaduan budaya yang sangat unik. [FR]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Bekasi akan Punya Masjid Modern Ramah Disabilitas

SUARA MASJID | Bekasi–Menjelang ramadhan, pengembangan properti Damai Putra Group melakukan Groundbreaking peresmian dimulainya pembangunan …

Inilah Lima Masjid Tertua di Indonesia

SUARA MASJID | Indonesia dengan mayoritas penduduknya beragama Islam memiliki khazanah keislaman yang tersebar di …

Translate »