Masjid As-Syura Dekatkan Jamaah dengan Ornamen Ka’bah

SUARAMASJID.com| Makassar–Masjid As Syura di Makassar,  Sulawesi Selatan, menjadi primadona bagi warga untuk melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadhan. Masjid ini memang agak berbeda dibandingkan dengan masjid pada umumnya, desainnya bak hotel berbintang  dan sebagian warga menyebutnya ‘Masjid Hotel’.

Ternyata kemiripannya dengan suasana di dalam hotel inilah yang  menjadi daya pikat bagi sebagian warga untuk melaksanakan shalat tarawih di Masjid As Syura. Sepintas Masjid As Syura yang terletak di Jalan Sunu Tiga, Kecamatan Tallo Kota Makassar ini  tidak berbeda jauh dengan masjid-masjid pada umumnya. Keunikannya baru akan terasa saat jamaah sudah masuk ke dalam masjid yang telah berdiri puluhan tahun ini.

suasana masjid hotel

Saat memasuki teras masjid, jamaah akan langsung disambut dengan lantai keramik yang bersih dan mengkilap. Suasana hotel pun akan langsung terasa  saat jamaah memasuki pintu utama. Interior masjid terlihat jauh berbeda dengan masjid kebanyakan.

Interior masjid yang satu ini  sangat mirip dengan interior hotel berbintang, mulai dari dinding hingga ornamen yang digunakan, tak kalah dengan yang digunakan hotel kelas wahid. Terdapat berbagai jenis lampu dengan  perpaduan warna serasi  yang membuat suasana semakin tenang.

masjid nuansa hotel 3

Tidak hanya itu, tempat mukena dan Alqur’an yang disiapkan bagi jamaah juga memiliki bentuk yang elegan dan indah. Salah satu interior dalam masjid yang paling menarik adalah adanya desain berbentuk Ka’bah di bagian mihrab atau tempat imam memimpin shalat.

“Dengan adanya interior Ka’bah ini membuat jemaah semakin nyaman beribadah,  bahkan merasa seakan berada di tanah suci Mekkah dan dekat dengan Ka’bah, “ ujar Wulan, salah satu jemaah.

Sejatinya Masjid As Syura  ini telah berdiri sejak tahun 1970 dan mengalami proses renovasi dan disulap bak hotel sejak dua tahun yang lalu. Masjid ini merupakan hibah dari seorang warga setempat, yang bernama Haji Mustamin. Seluruh bagian masjid di desain oleh Irawan anak dari Haji Mustamin yang tak lain adalah Ketua Yayasan Masjid Syura. Laporan Zaki Akbar dari Makassar, Sulawesi Selatan. [FR]

Sumber: an.tv

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Khutbah Hari Arafah akan Disiarkan dalam Lima Bahasa

SM | Makkah– Khutbah Hari Arafah akan disiarkan dalam lima bahasa, Inggris, Perancis, Indonesia, Urdu, …

Program Masjid Tangguh Semeru Resmi Dilaunching

SM | Surabaya- Program masjid tangguh semeru akan dilaunching hari Jumat (10/02/2020) . Program ini merupakan …

Translate »