Masjid Agung Taipei sebagai Cagar Budaya di Taiwan

Muslim di Taiwan memang minoritas, namun pemerintah Taiwan sangat terbuka terhadap pengaruh keyakinan Islam. Salah satu bukti nyatanya adalah keberadaan Taipei Grand Mosque sebagai salah satu cagar budaya di Negara Taiwan.

taiwan-1 Taipei Grand Mosque atau Masjid Agung Taipei merupakan tempat ibadah yang dibangun pemerintah Taiwan sebagai bentuk pengakuan terhadap eksistensi umat Muslim yang populasinya terbilang sangat kecil di sana, yaitu sekitar 0,3 persen dari total penduduknya.

Selain sebagai tempat ibadah, Taipei Grand Mosque kerap digunakan sebagai tempat berkumpul dan bersilaturahim Muslim Taiwan.

Masjid yang berdiri megah di pusat kota ini awalnya digagas oleh Ketua Asosiasi Muslim Taiwan. Masjid ini dibangun di atas tanah yang didonasikan oleh pemerintah Taiwan. Pembangunannya selesai pada tahun 1960 dan menjadi masjid terbesar dartaiwan-2i keenam masjid yang ada di Taiwan.

Penataan masjid ini bergaya paduan dari arsitektur Islam dan Timur Tengah. Bangunannya menempati lahan seluas 2.747 meter persegi. Di bagian sisi masjid terdapat dua buah menara yang ketinggiannya mencapai 20 meter. Ruangan-ruangannya terbagi dalam beberapa bagian yang meliputi ruang salat, aula resepsi, kantor, perpustakaan dan ruang wudhu.

Karena kepopuleran masjid ini di kalangan wisatawan, pihak pengelola menyediakan tur bagi siapapun yang ingin mengenal masjid ini lebih dalam. Jadwal tur terbagi menjadi dua, hari Senin dan Selasa khusus bagi pengunjung dari institusi pendidikan.

Sementara untuk pengunjung umum, tur gratis tersedia setiap Jumat dan akhir pekan. Anda yang berminat mengunjungi Taipei Grand Mosque dapat menjangkau masjid ini menggunakan MRT menuju Guting Station. Dari sana, Anda bisa berjalan sekitar 10 menit menuju Xinsheng South Road, Da-an District, lokasi di mana masjid tersebut berada. [fathur-bbs]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Inilah Lima Masjid Tertua di Indonesia

SUARA MASJID | Indonesia dengan mayoritas penduduknya beragama Islam memiliki khazanah keislaman yang tersebar di …

Masjid Al Aqsa Gelar Shalat Subuh Berjamaah setelah 70 Hari Tutup

SM | Yerusalem-– Ribuan warga Muslim dari kota Yerusalem dan sekitarnya, mengikuti shalat Subuh berjamaah …

Translate »