Masjid Agung Singingi Masuk 100 Masjid Indah di Indonesia

SINGINGI, SM–Masjid Agung di Kuantan Singingi, menjadi kebanggaan masyarakat Kuantan Singingi. Bahkan selayaknya pula masyarakat di Provinsi Riau menjadi bangga. Karena, masjid ini merupakan satu di antara 100 masjid terindah yang ada di Indonesia.

Masjid Agung Kuantan Singingi termasuk dalam 100 masjid terindah di Indonesia bersama Masjid Istiqlal, Masjid At Tin di Jakarta, Masjid Masjid Agung Demak, Masjid Agung Jawa Tengah, Masjid Baiturahman Banda Aceh, Masjid Gedhe Kauman, Masjid Al Abab UGM di Yogyakarta, Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho di Jawa Timur, Masjid Al-Markaz Al Islami Makasar di Sulawesi Selatan.

Untuk di Provinsi Riau, di antara masjid yang termasuk  di dalamnya dan Masjid Agung An Nur dan Masjid  Al Ikhsan Islamic Centre Bangkinang.

Masuknya Masjid Agung Kuantan Singingi dalam 100 masjid terindah di Indonesia tersebut, terdapat dalam buku yang disusun oleh Teddy Tjokrosaputro di Jakarta yang diterbitkan oleh PT Andalan Media yang telah terdaftar di Perpustakaan Nasional.

Dalam paparannya, penulis menjelaskan, kemegahan Masjid Agung Kuantan ini dapat dilihat dalam bentuk bangunan yang besar dan mengadopsi gaya Timur Tengah. Kubah berwarna hijau cerah dengan akses grafis yang umum diterapkan pada masjid-masjid di Provinsi Riau.

Kubah terdiri dari satu kubah utama, empat kubah pendamping sebagai penopang dan empat kubah kecil sebagai akses hias. Adanya lima kubah besar tersebut menjadikan bagian dalam majis terasa lega. Plafon yang mengikuti undakan bentuk kubah pun merupakan pemandangan indah tersendiri.

Ruang utama ibadah sengaja dibentuk dengan konsep minimalis melalui dinding yang dilapis cat putih tanpa banyak memainkan ornamen. Lantai pun menggunakan keramik berwarna senada sehingga terkesan indah tersendiri.

Dinding depan tempat mihrab berada pun hanya dibedakan dengan ceruk mihrab yang tidak terlalu besar. Mihrab diperindah dengan akses figura bermotif bintang segi delapan. Adapun mimbar diletakkan di sebelah kanan mihrab-nya dengan konsep menyatu ke dalam dinding.

Masuknya Masjid Agung Kuantan Singingi di antara 100 masjid terindah di Indonesia membuat Bupati H Sukarmis merasa gembira dan terharu.

Ke depan, ia mengharapkan dukungan dan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat termasuk kalangan swasta untuk mendukung penuntasan masjid kebanggaan masyarakat daerah ini.

Sebab walaupun belum dapat dituntaskan secara keseluruhan, katanya, masjid yang pembangunannya dimulai tahun 2008 yang lalu tersebut sudah termasuk dalam daftar 100 masjid terindah di negeri ini.

“Bayangkan, kalau masjid kebanggaan kita ini tuntas seluruhnya, tentu saja akan lebih indah dan megah, karena masih banyak lagi yang akan dibangun,” ujar bupati seperti dikutip riaupos.com. [FR]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Inilah Lima Masjid Tertua di Indonesia

SUARA MASJID | Indonesia dengan mayoritas penduduknya beragama Islam memiliki khazanah keislaman yang tersebar di …

Masjid Istiqlal Tiadakan Shalat Taraweh Berjamaah

SM | Jakarta–Ramadhan tahun ini, Masjid Istiqlal tidak mengadakan shalat tarawih berjamaah dan aktivitas keagamaan …

Translate »