Masjid Agung Madani Terbaik di Riau

PASIRPANGARAIAN, SM–Masjid Agung Madani terletak di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Masjid yang dibangun di kawasan Islamic Center Pasirpangaraian ini menjadi masjid terbaik di Riau tahun 2015.

Demikian hasil penilaian tim dari Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau. Dari penilaian itu, Masjid Agung Madani Rohul berhak mengikuti Lomba Masjid Teladan tingkat nasional. Masjid megah yang masih tahap revitalisasi ini akan bersaing dengan 33 masjid dari 33 provinsi di Indonesia.

Kepala Kemenag Rohul Ahmad Supardi Hasibuan mengatakan, Masjid Agung Madani menjadi juara pertama di tingkat Riau, dari bermacam-macam kriteria penilaian, seperti sarana dan prasarana paling lengkap, pemeliharaan, manajemen dalam memakmurkan masjid, dan banyak kegiatannya.

Untuk diketahui, Masjid Agung Madani di kawasan Islamic Center yang dibangun menggunakan uang rakyat hingga ratusan miliar merupakan masjid termegah di Riau untuk saat ini. Masjid ini juga telah menjadi masjid kebanggaan warga Rohul, dan telah menjadi ikon daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk.

Sejarah Singkat Masjid Madani

Sebagaimana dikutip dari Situs Kemenag Rohul, Masjid Agung Madani Islamic Centre (MAMIC) Pasir Pangaraian adalah Masjid Agung pada tingkat Kabupaten Rokan Hulu. Pendiriannya digagas oleh Bupati Rokan Hulu Drs H Achmad MSi, dan menjadi ikon Kabupaten Rokan Hulu.

Pembangunan Masjid Agung Madani Islamic Centre dimulai pada Tahun 2008, didirikan diatas lahan seluas 22 Ha, dengan luas bangunan 15.800 M, dan pelaksanaan bangunannya dipercayakan kepada PT. Citra Murni Semesta Jakarta sebagai Konsultan Perencana, PT. Holistika Prima Grahita sebagai konsultan pengawas dan kontraktor pelaksana PT. Total Bangun Persada.

Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu diresmikan penggunaannya pada hari Jumat Tanggal 25 Sya’ban 1431 H, bertepatan dengan 06 Agustus 2010 oleh Bupati Rokan Hulu Drs. H. Achmad, M. Si, dengan menghadirkan Ustad kondang, Dai Sejuta Umat alm. KH. Zainuddin MZ dan bertindak selaku Khatib.

Masjid Agung Madani Islamic Centre merupakan aset milik pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu yang pembangunannya didanai oleh APBD Kabupaten Rokan Hulu. Sampai saat ini tidak kurang dari 400 Miliyar telah dihabiskan untuk membangun masjid yang dapat menampung 15.000 sampai 20.000 jamaah ini.

Pengelolaan masjid ini sepenuhnya diurus oleh Badan Pengelola Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu yang diketuai oleh Ir. Damri yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hulu. Dalam kesehariannya ia dibantu oleh 44 orang pekerja profesional lainnya yang terdiri dari Pegawai Sekretariat, cleaning service, pekerja taman, petugas keamanan dan kesehatan.

Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana mulai dari tempat ibadah, penyejuk ruangan, sound system dan multi media, sehingga menambah kenyamanan dalam menjalankan ibadah.

Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu dihiasi dengan berbagai kaligrafi serta lampu gantung seberat 2 ton, terbuat dari pelat kuningan dari Italia, dan batu hias, batu oksi dari Jawa Timur, batu akik dari Kalimantan dan Turki, batu cris topas dari Jawa Barat dan batu kalimaya dari Banten, kaca lampu gold spectrum dari Amerika dan bagian tengah merupakan perisai muslim, bagian pinggir terdapat rantai yang merupakan persatuan umat Islam, 8 bilah pedang sabilillah Khaidir Ali, 16 busur panah Syaidina Ali bin Abi Tholib dan 8 tombak Abu Bakar Assiddiq, ditambah dengan bunga Kusuma lambang kejayaan Islam dan dikelilingi surat Al-Fatihah, surat Al Kafirun, surat Annas serta 99 Asmaul Husna.

Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu juga dilengkapi dengan sarana MCK yang cukup dan memadai, tempat wudhu yang nyaman dan bersih, sejadah dari Turki. Sarana perpustakaan, baik digital maupun manual, TV Madani, Radio Daerah, poliklinik, aula serbaguna, toserba serta ruangan belajar yang dilengkapi dengan akses internet.

Sedangkan Pintu Islamic Centre Rokan Hulu, bagian timur, pintu utama babussalam, pintu kanan Khodijah, pintu kiri Aisyah, bagian selatan, pintu utama Aisyah I, pintu kanan Usman bin Affan, pintu kiri Umar bin Khatab, sedangkan pintu bagian utara, pintu uatama Khadijah I, pintu kanan Abu Bakar As Siddiq, pintu kiri Umar bin Khatab, sedangkan bagian Kubah utama diameter 25 M, tinggi 55 M dan didampingi 4 unit menara tinggi 66.66 M. Ditambah dengan menara setinggi 99 M.

Kegiatan Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu adalah Sholat Fardu Lima waktu secara berjamaah, terutama waktu Zuhur dan Ashar, dimana seluruh Pegawai yang berjumlah hampir 3000 orang diwajibkan Sholat berjamaah ke-Masjid ini. Kegiatan lainnya adalah ceramah Agama yang dilaksanakan rutin setiap malam Kamis dengan materi dan penceramah yang sudah ditetapkan, yaitu Fiqih oleh Ustad Dr. Mawardi Saleh, Lc. MA, Tafsir oleh Ustad Dr. Musthafa Umar, Hadist oleh Abdul Somad, Lc. MA dan Aqidah oleh Ustad Nurhadi Husein, Lc.

Disamping kegiatan tersebut Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu juga menyelenggarakan buka puasa setiap hari Senin dan Kamis, I’tikaf bersama sekali dalam sebulan serta kegiatan peringatan hari besar Islam, terkhusus bulan Ramadhan disediakan baik sahur atau berbuka untuk 500 orang setiap harinya. [FR-bbs]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Inilah Lima Masjid Tertua di Indonesia

SUARA MASJID | Indonesia dengan mayoritas penduduknya beragama Islam memiliki khazanah keislaman yang tersebar di …

Masjid Istiqlal Tiadakan Shalat Taraweh Berjamaah

SM | Jakarta–Ramadhan tahun ini, Masjid Istiqlal tidak mengadakan shalat tarawih berjamaah dan aktivitas keagamaan …

Translate »