Foto nu.or.id

LTMNU Sumedang Gelar Pelatihan Muharrik Masjid

SUMEDANG (SM)–Berdasarkan catatan sejarah, sejak dari zaman Nabi Muhammad SAW masjid sebagai pusat kegiatan di berbagai bidang. Sebab, hingga abad ke-20, kebangkitan hingga kejayaan muslimin selalu bertitik tolak dari tempat ibadah umat Islam ini. Karena itu, jika kaum muslimin mampu merevitalisasi seluruh masjidnya, kehidupan beragama yang akan semakin maju, berkembang, dan dinamis.

Hal itu yang diungkapkan Ketua Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTM NU), Eman Sulaeman, saat mengisi Pelatihan Muharrik Masjid bertempat di Hotel  Karya Nunggal, Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang, seperti dilansir nu.or.id, Sabtu (14/5) siang.

Selanjutnya, Eman mengatakan bahwa Rasululloh mengembangkan masjid bukan saja sebagai tempat ibadah, melainkan juga pusat pelayanan bagi umat Islam, seperti pendidikan, kesehatan, hingga berlatih perang.

Eman juga meminta seluruh pengurus NU dan takmir masjid di seluruh kampung untuk  menjadikan  masjid sebagai sentra kegiatan umat Muslim. Selain itu juga meminta para pengurus agar bisa bekerja sama dengan berbagai pihak untuk aneka kegiatan.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Ketua PCNU Sumedang H. Sa’dulloh, pengurus a’wan H. Zainal Alimin, Pengurus LTM NU, Pengurus LTN NU, Pengurus IPNU, dan Pengurus MWC NU Paseh.

Eman juga menambahkan beberapa langkah bagi muharrik (penggerak) masjid untuk memakmurkan masjid. “Setidaknya ada 6 langkah bagi seorang muharrik masjid untuk menghidupkan masjid, di antaranya pasang niat/ cita-cita untuk mengurus masjid, punya pengetahuan tentang masjid, membuat program untuk memakmurkan masjid, menyelaraskan program tersebut dengan pengurus dan jama’ah masjid, melaksanakan dengan ikhlas dan yakin,” papar Eman. [FR]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

MUI Luncurkan Buku Prinsip dan Panduan Seni Islami

SM | Jakarta – Komisi Pembinaan Seni Budaya Islam-Majelis Ulama Indonesia (KPSBI-MUI) meluncurkan buku “Prinsip …

Forjim Bersilaturahim ke Ketum Baru Dewan Da’wah

Jakarta (SM)– Cendekiawan muslim, Dr. Adian Husaini, baru saja menerima tampuk kepemimpinan Dewan Da’wah Islamiyah …

Translate »