Kemenag Berikan 92.187 Kuota untuk Mahasiswa PTKIN

JAKARTA, SM–Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Diktis) tahun ini telah menyiapkan 92.187 kuota untuk calon mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Kuota itu akan diperebutkan oleh ratusan ribu lulusan pendidikan menengah atas melalui dua jalur, yaitu: Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) dan Ujian Masuk (UM) PTKIN.

“SPAN PTKIN 2016 resmi membuka pendaftaran sejak 9 – 30 Maret mendatang,” demikian penjelasan Ketua Panitia SPAN PTKIN 2016 yang juga Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya Prof. Abdul A’la melalui rilisnya, Senin (14/03).

Menurutnya, proses seleksi SPAN PTKIN akan dimulai pada 1 – 19 Mei dan hasilnya akan diumumkan pada 23 Mei 2016. “Tahap akhir pendaftaran ulang bagi mahasiswa yang lolos seleksi dilakukan pada 14 – 15 Juni 2016,” jelas A’la.

“Adapun pendaftaran UM PTKIN, dimulai 1 Mei – 3 Juni. Seleksi UM PTKIN 14 – 15 Juni dan hasilnya diumumkan pada 18 Juli 2016,” tambahnya. Dikatakan A’la, peserta yang dinyatakan lulus harus melakukan pendaftaran ulang pada PTKIN tempat dirinya diterima sesuai dengan jadwal daftar ulang.

Ada sebanyak 1.027 program studi yang ditawarkan dan tersebar di 55 PTKIN yang terdiri dari: 11 Universitas Islam Negeri (UIN), 26 Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan 18 Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).  Penilaian jalur SPAN PTKIN berdasarkan hasil penelusuran prestasi dan portofolio akademik. “Pembiayaan SPAN PTKIN seluruhnya ditanggung pemerintah,” katanya.

Berbeda dengan SPAN, hanya sebagian biaya penyelenggaraan UM PTKIN yang ditanggung Pemerintah. Karenanya, siswa yang mendaftar melalui jalur UM PTKIN harus membayar Rp150.000,-.

Info lengkap tentang hal ini, silahkan kunjungi laman resmi Panitia SPAN-PTKIN di http://span-ptkin.ac.id atau helpdesk http://span-ptkin.ac.id/infospan. Adapun laman resmi UM PTKIN di http://um-ptkin.ac.id atau helpdesk http://um-ptkin.ac.id/imfoum. [fathur]

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Forjim Belajar Menilisik Berita Sensitif Kasus Reynhard dari Wartawan BBC Indonesia

SM| Jakarta–Senin 6 Januari 2020 lalu, BBC News Indonesia menggemparkan jagat pemberitaan. Hari itu, situs …

Masjid Sebagai Pusat Pengasuhan Pembangunan Karakter Anak

SM| Bontang–Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni, melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) menggelar …

Translate »