foto: heruhendarto

Kabupaten Muna Loloskan Empat Kafilah ke MTQ Nasional

MUNA (SM)—Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara, meloloskan empat kafilah untuk mewakili Sulawesi Tenggara pada MTQ tingkat nasional di Nusa Tenggara Barat, Agustus 2016, setelah meraih posisi pertama pada kegiatan serupa tingkat provinsi di Kota Baubau akhir Maret lalu.

“Bentuk apresiasi Pemkab Muna terhadap kafilah yang meraih prestasi (medali emas), maka yang bersangkutan diberi bonus masing-masing senilai Rp7 juta,” kata Sekda Muna Nurdin Pamone di Kendari, seperti dilansir antaranews.com.

Empat medali utama yang dibawa pulang Muna, yakni kategori Hafalan 1 Juz untuk putra dan putri. Mereka adalah Ahmad Mufid Abdullah sebagai pemenang hifzil putra dan Siti Amelia di barisan putri. Sedangkan tilawah remaja dikantongi Ahmad Muhajir Hani. Marwiah merebut medali dari kategori Qiraah Sabah Mujawad.

Kegiatan syiar Islam itu melombakan 19 kategori. Dari jumlah tersebut, Muna berhasil menyabet medali untuk setiap kategorinya. Kalungan medali terendah diraih untuk jenis lomba Vokali Remaja Putri dengan predikat juara harapan tiga.

“Semua peraih medali mendapatkan bonus dari Pemda, hanya saja jumlah disesuaikan dengan peringkat yang diraih. Jadi jumlahnya berbeda-beda,” kata Kabag Kesra Setda Muna Waode Rukiah.

Jumlah medali itu menyebabkan Muna berhasil meraih predikat lima besar juara umum. Kafilah Muna mencatatkan tinta emas dengan peringkat ketiga juara umum. Raihan itu meningkat dibanding MTQ ke-25 yang digelar di Bombana dua tahun lalu.

“Di Bombana kita memang masuk dalam jajaran peringkat lima besar. Tapi Muna berada di posisi paling buntut atau peringkat kelima. Nah, di Bau-bau ini Muna bisa lebih baik pretasinya,” ujar Waode.

Walau duduk di kursi juara umum ketiga, katanya, Muna sudah memenuhi targetnya sebagai pemenang yang diperhitungkan. Setidaknya capaian itu lebih baik daripada lomba yang digelar sebelumnya. [FR]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Wali Kota Bogor Tinjau Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor

SUARA MASJID | Bogor–Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau kemajuan pembangunan Masjid Agung dan …

Suling

Pangdam Jaya Apresiasi Program Subuh Keliling PMJ di Masjid Cut Meutia

SM | Jakarta—Ada yang spesial di acara Subuh Keliling (Suling) Polda Metro Jaya yang dilaksanakan …

Translate »