Jumat Terakhir bulan Ramadhan di Masjidil Haram dan Nabawi

SUARAMASJID.com| Makkah–Shalat Jumat terakhir di bulan Ramadhan, dihadiri sekitar 2,5 juta jamaah di Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Jamaah juga turut menghadiri shalat khataman quran usai shalat tarawih di dua masjid suci itu.

Seperti ilansir Saudi Gazette, Sabtu (24/6), petugas sudah mulai mengintensifkan penerimaan sejak pagi hari. Halaman, ruang utama dan gerbang telah disiapkan demi memudahkan kelancaran masuk dan keluarnya jamaah.

Syeikh Saleh bin Muhammad Al Thalib dalam khutbahnya mengingatkan pentingnya zakat yang memang suatu kewajiban bagi umat Islam. “Setiap individu yang hidupnya dipenuhi dengan ketaatan pada Allah SWT akan memiliki akhir yang baik, sedang siapa saja yang hidupnya penuh dengan dosa memiliki alasan untuk takut,” kata Al Thalib.

Sementara, Syeikh Abdulbari bin Awwad Al Thubaiti, memimpin shalat di Masjid Nabawi. Dalam khutbahnya, ia mendesak umat Islam untuk memanfaatkan sisa Ramadhan dengan maksimal. Ia turut menekankan agar senantiasa berdoa kepada Allah SWT. “Manfaatkan waktu Ramadhan yang terbaik dan mohonlah kepada Allah SWT agar menerima puasa, doa, sedekah dan ibadah lain kita,” ujar Al Thubaiti.

Ribuan jamaah menghadiri shalat Jum’at di Masjid Nabawi, dan telah memenuhi setiap sudut sejak pagi. Begitu juga semua lantai Masjidil Haram penuh dengan barisan jamaah yang meluas sampai ke jalan-jalan menuju Masjidil Haram. [FR]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Bangun Ekonomi Umat, Global Wakaf Gandeng YP3I Garap 500 Hektar Lahan

SM| Jakarta. Global Wakaf-ACT meluncurkan program Masyarakat Produsen Pangan Indonesia (MPPI). Program ini diluncurkan sebagai …

Efektivitas Audit Syariah di Lembaga Keuangan Syariah

Oleh : Muhammad Naufal Romadhon, Mahasiswa STEI SEBI SM–Perkembangan sistem ekonomi islam sudah mulai diterapkan …

Translate »