Jokowi: Semangat Jihad Tak Boleh Padam

SERANG, (SM)—Presiden Joko Widodo mengajak seluruh umat Islam di Indonesia kembali menggelorakan semangat juang mengusir penjajah yang pernah digalakkan KH Hasyim Ashari, 71 tahun lalu.

“Malam ini saya mengajak untuk menemukan kembali api semangat yang berkobar 71 tahun lalu, ketika KH Hasyim Asy’ari mengeluarkan resolusi jihad untuk para santrinya melawan penjajah. Api jihad tersebut tak boleh padam, harus terus hidup di jiwa santri untuk melewati tantangan zaman menghadapi kebodohan, menghadapi ketimpangan sosial,” kata Jokowi, dalam sambutannya saat membuka Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) 2016 di Stadion Maulana Yusuf, Kota Serang, Banten, Sabtu (22/10) malam.

Dalam sambutannya, Jokowi juga mengucapkan selamat kepada ulama dan santri di seluruh Indonesia yang berjumlah empat juta dan tersebar di 28 ribu pesantren karena tengah merayakan hari santri pertama saat ini.

“Selamat merayakan hari santri yang pertama. Karena saya melihat hampir di seluruh daerah, di ponpes, semua santri merayakan hari santri pada hari ini,” ucap dia. Pospenas sendiri akan berlangsung pada 22-28 Oktober 2016.

Sabtu (22/10) kemarin Jokowi dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Banten. Agenda pertamanya adalah menghadiri Muktamar Al Khairiyah ke IX di Kota Cilegon. Kemudian membuka Pospenas 2016 di Stadion Maulana Yusuf, Kota Serang. (FR)

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Kirim ke suaramasjidkita@gmail.com Terima kasih

Check Also

Wali Kota Bogor Tinjau Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor

SUARA MASJID | Bogor–Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau kemajuan pembangunan Masjid Agung dan …

Suling

Pangdam Jaya Apresiasi Program Subuh Keliling PMJ di Masjid Cut Meutia

SM | Jakarta—Ada yang spesial di acara Subuh Keliling (Suling) Polda Metro Jaya yang dilaksanakan …

Translate »